oleh

Kenali 4 Tanda Produk Perawatan Kulit Anda Tidak Cocok Dipakai

PortalMadura.Com – Tidak semua jenis kulit bisa cocok dengan produk kecantikan. Ada sebagian wanita yang memiliki kulit sensitif, sehingga mereka harus pilih-pilih produk untuk perawatan kecantikannya.

Salah satu tandanya, saat Anda mencoba menggunakan produk perawatan kulit, ternyata kulit Anda tidak dapat menerimanya dengan baik sehingga menimbulkan iritasi.

Menurut dermatolog, Rachel Nazarian, ada tanda-tanda kulit tidak dapat menerima apa pun yang Anda aplikasikan di atasnya. Jika Anda terus memakainya dapat mengakibatkan peradangan atau kerusakan kulit.

Berikut empat tanda produk perawatan kulit yang Anda pakai tidak cocok:

Gatal-gatal
Ini adalah sinyal paling dasar, bahkan bisa menjadi indikasi alergi sebelum ada perubahan visual.

“Jika kulit merasa gatal setelah memakai produk, segera hentikan dan konsultasikan kepada dokter kulit untuk memungkikan uji patch untuk memeriksa alergi kontak,” saran Nazarian.

Rasa Sakit
“Jika kulit terasa menyengat, ini adalah tubuh memberitahu bahwa ada banyak peradangan, bahkan mungkin merusak kulit atau infeksi,” jelas Nazarian.

Biasanya, hal ini terjadi pada orang yang mengidap eksi atau rosacea, yang dapat merasa sakit ketika menerapkan produk. Tapi, rasa sakit tidak berarti secara otomatis Anda dapat menghentikan pemakaian produk. Rasa ketidaknyamanan merupakan sinyal bahwa kandungan di dalam produk terlalu keras untuk kulit, tapi ada pengecualian.

“Kadang ketika penghalang kulit diperbaiki, dan kondisi baseline tenang, mungkin produk tersebut dapat terus digunakan,” ujarnya.

Kemerahan
Peradangan akan sering diikuti dengan rasa sakit atau gatal, tapi kadang-kadang dapat menunjukkan masalah khusus.

“Hal ini dapat terjadi setelah penggunaan jangka panjang dari produk yang merangsang penanda inflamasi pada kulit, sehingga menyebabkan pembuluh darah pecah,” ungkap Nazarian.

Maka dari itu, jauhi dari produk atau kebiasaan perawatan kulit yang membuat kulit terlalu merona dan merah.

Benjolan
Semua benjolan tidak diciptakan sama. Beberapa hanya benjolan, sementara yang lain adalah tanda bahwa kulit bereaksi.

“Jika sebuah produk yang menyebabkan benjolan jerawat, memicu lecet alergi, atau menjadi sangat meradang dan memproduksi pustula, segera hentikan pemakaian,” saran Nazarian.

Nah, jika Anda mengalami empat tanda di atas, coba hentikan pemakaian. Hal ini, agar tidak menyebabkan kerusakan pada kulit wajah Anda. (tempo.co/Salimah)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.