Kenali 5 Penyebab Kulit Kaki Anda Sering Terkelupas

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 5 Penyebab Kulit Kaki Anda Sering Terkelupas
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kulit pada area telapak kaki harus menjadi perhatian, bukan cumapada telapak tangan saja. Pasalnya, kulit pada telapak tangan justru lebih rentan lembap karena kerap tertutup sepatu dan kaus kaki.

Masalah yang kerap terjadi pada area telapak kaki ada bau tidak sedap yang timbul karena menumpuknya bakteri dan udara yang lembap. Namun, selain itu juga ada masalah lain yang perlu Anda atasi. Seperti kulit telapak kaki yang kerap terkelupas.

Ujar Rebecca Pruthi, DPM dilansir fimela.com dikutip dari Women’s Health Magazine, kulit kaki yang terkelupas merupakan hal yang wajar. Meskipun begitu, kulit kaki yang terkelupas akan cenderung terasa kasar.

Terlebih lagi, kondisi yang parah akan menimbulkan rasa sakit dan perih setiap kali Anda berjalan. Namun, untuk mengatasinya, Anda harus mengetahui apa saja penyebab kulit kaki terkelupas.

Infeksi Jamur
Menurut Pruthi, salah satu penyebab yang paling umum adalah infeksi jamur. Menurutnya, jika kulit telapak kakimu terkelupas tanpa ada rasa gatal, biasanya Anda tidak akan mengira penyebabnya adalah infeksi jamur.

Namun, tetap saja ada jamur yang menyebabkan kulit telapak kakimu akan terkelupas dan akhirnya bisa membuat jari-jari kakimu juga terinfeksi jamur.

Sepatu Olahraga
Sepatu olahraga juga ternyata dapat menyebabkan kulit telapak kaki terkelupas. Biasanya, hal ini disebabkan sepatu yang lembap karena kerap kali tertutup. Selain itu, keringat pada area telapak kaki juga menambah tingkat kelembapan pada telapak kaki. Hal inilah yang menyebabkan kulit telapak kaki mengelupas.

Eczema
Penyebab lainnya adalah eczema, sebuah kondisi kulit yang menyebabkan kulitmu terkelupas, terasa gatal, dan kering. Eczema ini bisa terjadi pada seluruh kulit di bagian tubuh. Termasuk telapak kaki.

Biasanya, Anda membutuhkan salep atau krim khusus dari dokter kulit untuk meredakan rasa gatal dan memperbaiki kulit yang mengelupas.

Dehidrasi
Ternyata, bukan hanya kulit di area lengan dan bibir yang akan mengering ketika tubuhmu mengalami dehidrasi. Tetapi juga kulit telapak kaki yang akan menjadi kering, pecah-pecah, dan akhirnya mengelupas.

Ganti Kulit
Selain masalah-masalah di atas, kulit kaki biasanya memang akan mengelupas dengan sendirinya untuk beberapa saat. Hal ini biasanya disebut dengan proses pergantian kulit. Pastikan Anda mengolesi minyak zaitun atau kelapa, atau juga krim yang melembapkan kulit telapak kaki, untuk mempercepat proses pergantian kulit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.