oleh

Kenali 5 Tanda Ban Mobil Harus Diganti

PortalMadura.Com – Ban merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Karena ban ini bagian kendaraan yang kontak langsung dengan permukaan jalan raya.

Seringkali ban tidak terlalu diperhatikan, padahal ini merupakan satu hal yang sangat penting. Karena kondisi ban yang tidak memungkinkan akan memicu terjadinya kecelakaan.

Anda harus selalu mengecek tanda ban yang harus diganti. Berikut kenali tanda-tanda ban yang harus diganti pada mobil Anda. Dilansir dari laman Liputan6.Com, Selasa (9/6/2020)

Kembang Ban Menipis

Ban yang sudah menipis akan mengurangi fungsi pengendalian dan pengereman. Ini akan sangat berbahaya apabila Anda menggunakannya saat jalanan licin karena hujan.

Pertama yang harus Anda perhatikan kembangan ban yang terlihat tebal dan utuh masih bisa dikatakan aman untuk digunakan.

Jika sudah terlihat pudar maka sebaiknya Anda mengganti ban Anda, untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Perhatikan Tanda TWI Ban

TWI ialah singkatan dari Tread Wear Indicator merupakan simbol dari segitiga yang terletak di batas terbawah kembangan ban dan tonjolan karet di sela kembangan ban.

Jika bagian ban ini sudah menyentuh ke aspal, ini menandakan ban Anda harus segera diganti.

Retakan di Kembangan atau Dinding Ban

Tanda yang paling mudah dikenali pada ban Anda yang mengharuskan untuk segera diganti, yaitu adanya retakan pada bagian dinding ban.

Jika Anda tidak segera mengganti ban Anda, bisa saja ban akan meletus saat Anda berkendara.

Perhatikan Usia Ban

Ban mempunyai usia pakai, pada umumnya ban hanya bisa digunakan selama 6 sampai 10 tahun. Sebaiknya jangan menunggu ada tanda kerusakan pada ban untuk mengganti ban secara rutin.

Benjolan di Ban

Seringnya pemakaian kendaraan, akan membuat ban luar dan dalam semakin lemah. Bahkan munbul benjolan di area kembangan atau dinding ban.

Penyebab munculnya benjolan ini biasanya karena pengisian angin yang terlalu berlebihan.

Perhatikan ban kendaraan Anda, untuk menjaga keselamatan Anda di jalan.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar