Kenali 5 Tipe Muslimah di Media Sosial, Anda Termasuk yang Mana?

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali 5 Tipe Muslimah di Media Sosial, Anda Termasuk yang Mana?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kehadiran Media Sosial (Medsos) saat ini, rasanya sulit dipisahkan dari aktivitas masyarakat. Bahkan, kebutuhan akan teknologi yang satu ini juga sering dijalajahi oleh kaum perempuan.

Tidak jarang dari mereka membagikan informasi tentang segala kegiatan yang dilakukannya lewat akun media sosial. Mulai dari yang bernilai positif hingga berdampak negatif pada dirinya.

Berikut lima :

Pedagang
Memiliki produk apapun langsung ditawarin di medsos, bahkan numpang komentar di ‘lapak' orang lain pun isinya penawaran barang dagangan.

Banyak juga yang sengaja ikutan grup ini itu di chatroom atau medsos demi bisa menawarkan dagangannya. Asalkan sama-sama rida, semoga jual-belinya menjadi perniagaan yang barokah. Namun, jika ada yang merasa terganggu dengan cara jualan Anda, sebaiknya introspeksi dan ganti strategi.

Seleb Style
Tiada hari tanpa posting selfie dan unjuk kecantikan di medsos. Mulai dari foto hingga video, semuanya mengekspos kecantikan fisik, fashion, makeup dan wajah. Kalau suami rida masih lumayan, meski bukan berarti aman dari fitnah.

Tausiyah
Mulai dari postingan sampai komentar semuanya berisikan tausiyah dari hadis, ayat Alquran, dan juga nasihat-nasihat bijak. Subhanallah, hal ini sangat luar biasa. Yang penting, senantiasa luruskan hati, jangan sampai memposting hal bermanfaat seperti ini hanya untuk kepentingan duniawi semata.

Misalnya, untuk menambah followers, supaya di-like, atau pencitraan di hadapan manusia semata. Sayang sekali bukan?. Kalau Anda salah pasang niat. Jangan lupa untuk tetap istiqomah berbuat baik sekalipun banyak yang mencibir ‘pamer atau ria, karena yang bisa menilai ria atau tidak hanyalah Allah yang Mengetahui isi hati manusia.

Food Lovers
Semua postingannya tidak jauh-jauh dari masakan dan makanan, pokoknya melihat isi medsosnya bikin air liur menetes dan perut mendadak keroncongan. Hal ini tentu sangat cocok untuk yang mau belajar masak atau mencari resep enak untuk keluarga.

Family
Mengupload foto dan video anak di medsos, hukum asalnya boleh. Akan tetapi waspadai juga resikonya, salah satunya bahaya penyakit ‘ain. Jika ada yang memuji anak Anda, jangan lupa bersyukur pada Allah dan ucapkan hamdalah.

Sebab, sungguh bahaya penyakit ‘ain (pandangan mata) adalah nyata, anak bisa ‘sakit' tanpa sebab, atau badannya kurus, dikarenakan ada orang yang memandang dengan dengki atau terlalu mengagumi foto atau video anak Anda yang dipajang di medsos.

“Pengaruh ‘ain itu benar-benar ada, seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, ‘ainlah yang dapat melakukannya,” (HR. Muslim).

Sebagaimana doa rasulullah untuk meminta perlindungan untuk Hasan dan Husain, yaitu: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracung dan dari pengaruh ‘ain yang buruk,” (HR. Bukhari dalam kitab Ahaditsul Anbiya': 3120).

Selain itu, bisa dengan membaca doa: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari kejahatan makhluk-Nya,” (HR. Muslim 6818). (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.