oleh

Kenali 6 Planet yang Paling Mirip Bumi Menurut Nasa

PortalMadura.Com – Para astronom sejak lama sudah bermimpi bakal menemukan planet mirip Bumi yang mungkin akan bisa dijadikan rumah baru manusia. Akhirnya, dari ribuan planet ekstrasurya yang ditemukan, ada beberapa yang mirip Bumi. Benarkah?.

Iya, mungkin hal itu merupakan pertanda mimpi para astronot akan menjadi kenyataan suatu saat nanti. Setidaknya ada 2.000 planet asing di seluruh galaksi Bima Sakti, dan lebih dari separuh dari jumlah itu ditemukan oleh teleskop Kepler milik NASA.

Perlu diketahui, sejak diluncurkan pada 2009, teleskop Kepler memiliki misi mencari planet mirip Bumi. Hasil penjelajahannya menunjukkan, bahwa dunia kecil berbatu seperti Bumi sebenarnya berlimpah di galaksi dan beberapa di antaranya kemungkinan bisa ditinggali. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar suatu planet disebut ramah dihuni.

Apa saja?. Pertama, planet harus relatif kecil dan berbatu. Kemudian, planet harus mengorbit di “zona layak huni” dari bintangnya, yang didefinisikan sebagai ditemukan adanya air dalam bentuk cair di dalamnya. Ketika nanti teknologi teleskop ditingkatkan, faktor-faktor lain akan dipertimbangkan juga seperti komposisi atmosfer planet dan seberapa aktif bintang induknya.

Kendatipun planet mirip Bumi terlalu kompleks dan sulit dipahami, setidaknya ada beberapa planet yang dianggap NASA mendekati rumah Anda.

Berikut ini enam planet mirip bumi yang perlu Anda ketahui:

Gliese 667Cc
Planet ekstrasurya ini berjarak 22 tahun cahaya dari Bumi dan 4,5 kali lebih besar dari Bumi. Namun, para ahli belum yakin planet ini berbatu atau tidak. Gliese 667Cc diketahui menyelesaikan satu orbit di sekitar bintang induknya hanya dalam 28 hari. Planet ini ditemukan dengan teleskop 3,6 meter European Southern Observatory di Chili.

Kepler-22b
Kepler-22b berjarak 600 tahun cahaya dari Bumi. Ini adalah planet Kepler pertama yang ditemukan di zona layak huni dari bintang induknya. Ukuran Kepler-22b jauh lebih besar dari bumi, setidaknya 2,4 kali ukuran Bumi. Belum jelas diketahui apakah planet ini berbatu, cair, atau gas. Orbitnya sekitar 290 hari.

Kepler-69c
Kepler-69c jaraknya 2.700 tahun cahaya dan sekitar 70 persen lebih besar dari Bumi. Jadi, para ahli belum yakin tentang komposisinya. Planet ini menyelesaikan satu orbit setiap 242 hari. Bintang induk Kepler-69c sekitar 80 persen bercahaya seperti matahari, sehingga mungkin planet ini berada di zona layak huni.

Kepler-62f
Planet ini berjarak sekitar 1.200 tahun cahaya dan 40 persen lebih besar dari Bumi. Ia mengorbit bintang yang jauh lebih dingin dari matahari dan masa orbitnya 267 hari. Hal ini menjadikan Kepler-62f ada di dalam zona layak huni.

Kepler-186f
Planet ini 10 persen lebih besar dari bumi dan tampaknya juga berada di zona layak huni. Planet ini berjarak 500 tahun cahaya dari Bumi.

Kepler-452b
Planet yang ditemukan tahun 2015 ini, yang diklaim staf NASA sebagai planet paling mirip Bumi. Bintang induknya sangat mirip matahari dan planet ini mengorbit di zona layak huni. Dengan ukuran 1,6 kali ukuran Bumi, Kepler-452b diyakini berbatu. Planet ini berada 1.400 tahun cahaya dari Bumi.

Bumi (Sebagai Perbandingan)
Bumi atau rumah Anda 70 persen permukaannya ditutupi air. Bumi mengorbit pada bintang berusia 4,5 miliar tahun yang disebut matahari. (kompas.com/Salimah)