Kenali 7 Faktor Pemicu Seseorang Terkena Serangan Asma

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 7 Faktor Pemicu Seseorang Terkena Serangan Asma
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menderita penyakit asma pasti membuat penderita sangat tersiksa. Sebab, penyakit ini berhubungan langsung dengan saluran pernapasan yang mengalami penyempitan, sehingga terasa berat di dada, sesak napas serta batuk-batuk.

Penyakit ini pun dapat dialami oleh siapa saja di semua golongan usia, baik anak-anak sampai orang tua. Pada umumnya, penyakit asma berlangsung lama (kronis) dan sering kambuh. Sehingga, penderitanya tentu akan mengalami gangguan dalam beraktifitas dan rasa yang menyiksa terutama ketika terjadi.

Sebenarnya, banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit asma terjadi. Salah satunya adalah faktor keturunan. Namun, bukan hanya itu saja. Berikut ini tujuh faktor lain yang bisa memicu terjadinya asma:

Alergen
Beberapa alergen bisa memicu asma, seperti pollen, debu, lumut, kotoran binatang, sampai kecoa.

Olahraga
Walaupun olahraga baik untuk tubuh, bagi penderita asma hal ini bisa berisiko. Beberapa jenis olahraga dapat memicu serangan pada penderita asma. Karenanya, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter untuk tahu jenis olahraga yang baik bagi Anda.

Stres
Rasa khawatir dan tertekan yang muncul saat Anda stres bisa memicu serangan asma. Bagi penderita asma, penting bagi mereka untuk bisa mengelola stres.

Asap
Asap dan polusi bisa memicu serangan asma. Asap rokok, polusi udara, bau yang tajam bisa menimbulkan iritasi yang berujung pada terpicunya serangan asma.

Flu
Flu, sinusitis, sampai infeksi bakteri dan viral yang minor bisa memperburuk simtom asma. Asam lambung juga bisa jadi pemicu.

Obat-obatan
Jika Anda menderita asma, jangan sembarangan minum obat. Beberapa obat, seperti aspirin dan ibuprofen bisa memicu simtom asma. Sebaiknya, Anda selalu berkonsultasi ke dokter sebelum minum obat.

Perubahan Cuaca
Perubahan musim, iklim yang ekstrem, terekspos suhu dingin juga bisa membuat penderita asma kumat. (liputan6.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.