oleh

Kenali 7 Hal Aneh yang Sering Dilakukan Bayi

PortalMadura.Com – Tingkah laku bayi memang terkadang membuat orang tua geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak? menangis, menjerit, memukul dan menggigit seringkali dilakukan oleh mereka tanpa alasan yang jelas. Tak jarang pula para bayi itu tiba-tiba bertingkah gemas dan lucu tanpa sebab.

Semua Mama pasti setuju, kalau bayi memang sangat menggemaskan. Tidak hanya tubuhnya, semua tingkahnya juga lucu dan kerap membuat tertawa. Jangankan ngobrol dengan bayi, suara bayi bersin saja sudah bisa membuat para penggemarnya terhibur. Bayi memang lucu banget ya, Ma.

Tidak jarang, bayi juga kerap mengeluarkan tingkah-tingkah unik dan aneh. Mulai dari sengaja menjatuhkan berbagai barang, hingga sering menahan napas. Sebenarnya, apa sih yang membuat mereka melakukan hal-hal aneh tersebut? Mama mau tahu apa saja hal aneh yang sering dilakukan bayi, dan kenapa mereka melakukan itu?

Melansir dari laman Popmama.com, berikut ini ada hal kebiasaan aneh yang sering dilakukan oleh para bayi. Seperti apa, yuk simak dibawah ini.

Sengaja Menjatuhkan Barang
Mama akan secara otomatis akan mengembalikan mainan saat dijatuhkan sama ke lantai oleh bayi. Namun apa yang terjadi ketika Mama sudah memberikannya mainan yang jatuh tadi? Bayi justru menjatuhkannya lagi, dengan sengaja. Kalau bayi Mama pernah melalukan ini, jangan khawatir karena hal ini normal.

Bayi hanya melakukannya untuk mencari perhatian Mama. Semua bayi melakukannya, dan mereka sangat menyukai aktivitas yang cukup menguras tenaga mama ini. Namun agar ini tidak jadi kebiasaan buruk, maka Mama perlu membiarkan mainan jatuh itu terdiam saja di lantai selama beberapa menit, sebelum akhirnya Mama ambil dan memberikan untuknya.

Menahan Napas
Bayi usia enam bulan hingga anak berusia empat tahun sering melakukan ini. Penyebabnya? Mereka biasanya menahan napas sebagai bentuk ekspresi rasa marah, frustrasi, atau sakit. Mama pasti khawatir akan terjadi hal buruk pada bayi.

Ini wajar dilakukan oleh bayi, namun waspadai jika ia menahan napas tanpa disertai tangisan dan berlangsung lebih dari satu menit, karena dampaknya mungkin berbahaya bagi kesehatan.

Menarik-narik Rambut
Tidak hanya sering menarik rambut, bayi juga sering menarik (bahkan mencabuti) bulu mata dan alisnya. Apa yang harus Mama lakukan? Sebaiknya perhatikan saja kapan bayi mulai menarik rambutnya, karena biasanya terjadi saat sedang diam namun sadar (seperti saat minum susu).

Kebiasaan ini perlahan akan hilang dengan sendirinya. Namun jika bayi terlihat berlebihan dalam menarik rambutnya.

Menjedotkan Kepala
Di usia sekitar 10 bulan, banyak bayi yang sering menjedotkan kepala tanpa alasan apapun. Mereka juga terkadang menganggukkan kepala seperti sedang mendengarkan musik metal. Tenang saja, Ma, karena ini normal. Ini adalah cara bayi untuk mengekspresikan penemuannya akan sebuah ritme.

Kebiasaan aneh ini biasanya dilakukan oleh bayi lelaki, tetapi beberapa bayi perempuan juga sering melakukannya. Bayi umumnya akan menjedotkan kepala mereka ke tembok atau pinggiran tempat tidur, maka pastikan area sekelilingnya sudah cukup aman bagi si bayi.

Menyentuh Kelamin
Ini sering dilakukan oleh banyak bayi, baik lelaki maupun perempuan. Mama tidak perlu khawatir ini adalah tindakan yang tidak sopan, karena bayi hanya melakukannya untuk menjelajahi atau mengenal bagian tubuhnya dengan lebih baik.

Bayi hanya mencoba untuk menjelajahi rasa ingin tahunya, tanpa mengerti kenapa mereka melakukan itu. Ketika sudah cukup besar untuk diberi pengertian, Mama bisa menjelaskan padanya kalau memegang kelamin itu sebuah kebiasaan yang tidak baik.

Sering Cegukan
Bayi baru lahir memang sering sekali cegukan. Bahkan mereka sudah sering cegukan sejak masih dalam kandungan. Hal ini mungkin akan membuat Mama bingung. Mungkinkah ada yang salah dengan sistem pernapasan bayi Mama, sehingga ia jadi sering cegukan? Untungnya ini hal yang normal, Ma.

Makan Makanan Jatuh
Pernah melihat bayi Mama menikmati makanan yang sudah jatuh ke lantai? Mama pasti langsung panik ketika melihatnya. Padahal, ini normal dilakukan anak, Ma. Seiring anak mulai pandai merangkak, ia akan menjelajahi lingkungannya dan mulai menyerap berbagai ilmu yang ia temui.

Cara menyerap ilmunya macam-macam, mulai dari memerhatikan, hingga memasukkan apapun yang ia temui ke dalam mulut. Inilah alasannya kenapa Mama harus ekstra waspada dalam memantau si bayi ketika ia mulai merangkak.

Nah, itulah beberapa hal aneh tapi menggemaskan yang sering dilakukan bayi. Ada-ada saja sikap yang dilakukan bayi ya, Ma. Tetap semangat dalam mendampingi tumbuh kembangnya ya, Ma!

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar