oleh

Wasapda! Minum Kopi saat Perut Anda Kosong

PortalMadura.Com – Kopi telah menjadi minuman primadona yang dikonsumsi banyak orang hampir setiap hari. Minum kopi saat ini bagi sebagian orang sudah jadi bagian dari gaya hidup. Minuman berkafein ini memang memiliki berjuta manfaat, seperti mencegah kerusakan DNA. Meski demikian, kita tak bisa mengonsumsi kopi dengan sembarangan.

Bahkan, ada yang tak bisa melewatkan kopi sebelum beraktivitas di pagi hari. Saat terbangun dari tidur, tubuh mulai melepaskan kortisol, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur respons kekebalan tubuh, metabolisme, dan respons stres. Jika tubuh mendapat asupan kafein ketika kortisol berada di puncaknya, justru akan membuat tubuh semakin stres.

Meskipun memiliki banyak manfaat, ternyata minum kopi juga bisa memiliki efek samping yang buruk bagi tubuh. Terlebih bila diminum saat perut kosong. Melansir dari detik.com dikutip oleh Metro, minum kopi sebelum sarapan diketahui dapat meningkatkan produksi asam lambung dan mengganggu sistem pencernaan.

Beberapa orang melaporkan gejala seperti mulas hingga timbulnya gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau iritasi pada usus besar. Selain itu minum kopi saat perut kosong juga dapat meningkatkan gejala kecemasan, menyebabkan kegelisahan, peningkatan denyut jantung, hingga kurang fokus.

Tapi jangan khawatir, bagi sebagian orang minum kopi tidak berdampak pada pencernaan karena salah satu faktornya adalah kebiasan.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar