Kenali 7 Penyebab Munculnya Memar di Tubuh Secara Tiba-tiba

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 7 Penyebab Munculnya Memar di Tubuh Secara Tiba-tiba
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang mungkin pernah mengalami memar di bagian tubuh tertentu yang muncul secara tiba-tiba tanpa mereka sadari. Memar ini pun tanpa sebab yang jelas. Hal ini terjadi terutama pada orang-orang dengan kondisi tertentu.

Biasanya, memar ini muncul tanpa diiringi rasa sakit. Lantas, apa penyebabnya?. Apa gejala ini berbahaya?.

Berikut ini uraiannya:

Diabetes
Saat Anda mendapati ada bercak atau memar di kulit pada area tertentu, bisa jadi itu indikasi dari gejala awal diabetes. Hal ini terjadi sebab adanya pendarahan kapiler internal karena pembuluh darah yang lemah. Sehingga mudah sekali terjadi memar.

Olahraga
Alasan lain dari munculnya memar adalah olahraga terutama yang terlalu berat. Pasalnya, olahraga akan menempatkan banyak tegangan di otot yang kemudian menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan memar.

Penuaan
Saat menua, produksi kolagen serta lapisan lemak yang melindungi kulit akan menurun. Hal ini membuat seseorang jadi mudah mengalami memar terutama ketika usia sudah di atas 60 tahun.

Gangguan Darah
Gangguan darah seperti hemofilia pun bisa membuat Anda mendapat memar dengan sangat mudah. Bahkan, kontak fisik yang ringan bisa menyebabkan memar. Dalam beberapa kasus, memar karena gangguan darah ini juga bisa berujung pada indikasi gejala kanker darah.

Konsumsi Obat
Mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu ternyata juga bisa menyebabkan kulit jadi memar. Beberapa jenis obat yang bisa membuat Anda memar adalah aspirin, kontrasepsi, serta steroid.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini Untuk Hilangkan Memar di Tubuh

Purpura Dermatosis
Purpura dermatosis merupakan kondisi kulit yang menyebabkan darah keluar dari kapiler kecil sehingga membuat memar keunguan akan muncul. Pada kasus yang cukup parah, kondisi kulit ini juga bisa menimbulkan rasa gatal. Salah satu cara sederhana agar Anda terhindar dari gangguan ini adalah dengan mengoleskan krim tabir surya setiap kali akan beraktivitas ke luar ruangan.

Kekurangan Vitamin C
Vitamin C sangat penting untuk membantu menyembuhkan luka dan pembentukan kolagen. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan pembuluh darah kecil Anda pecah sehingga memunculkan memar.

Tujuh hal di atas merupakan penyebab munculnya memar secara tiba-tiba di kulit Anda. Ketika berikutnya memar ini muncul kembali pada diri Anda, kenali hal apa yang menyebabkan timbulnya memar tersebut untuk menentukan cara mengobatinya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.