Kenali Tanda Anda Berlebihan Konsumsi Garam

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali Tanda Anda Berlebihan Konsumsi Garam
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada dan tak boleh ketinggalan. Garam bisa menyulap makanan menjadi makanan yang memiliki cita rasa yang lezat dan gurih, tanpa garam makanan akan terasa hambar. Namun, terlalu banyak garam juga sangat berbahaya bagi kesehatan lho.

Saat ini, kurang lebih ada 14.000 produk yang menambahkan garam dalam penyajiannya. Mulai dari makanan, minuman, industri, sampai obat-obatan.

Tidak jarang, hampir disetiap momen makan bersama, sengaja atau tidak, Anda pasti terdorong untuk membumbui makanan dengan sedikit garam. Baik itu ketika makan siang bersama rekan kerja atau partner bisnis, makan keluarga, atau dinner romantis bersama pasangan.

Dari sekarang cobalah perhatikan kembali penggunaan garam yang Anda konsumsi, karena teralu banyak akan terjadi beberapa gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Nah, berikut gangguan kesehatan yang terjadi bila Anda terlalu banyak menampung garam.

1. Gampang haus

Di dalam garam terkandung 40 persen sodium dan 60 persen klorida. Garam paling banyak bertebaran di makanan cepat saji seperti pizza dan semacamnya. Perlu diperhatikan, rasa haus yang konstan bisa menjadi pertanda diabetes.

Bila Anda gampang haus dan minum tiap sebentar, alangkah baiknya bila Anda konsultasikan hal tersebut pada dokter untuk memastikannya.

2. Tiap sebentar ke kamar mandi

Bila gejala ini timbul, itu artinya pertanda buruk bagi kesehatan Anda. Bila Anda langganan mengonsumsi garam dalam waktu yang lama, waspadalah. Anda akan berisiko tinggi terkena osteoporosis, karena terlalu banyak membuang kalsium.

Bila Anda sering pipis, kekhawatiran yang muncul adalah Anda terkena diabetes tipe 2. Bila Anda mengalami ciri seperti ini, sebailanya segeralah berkonsultasi ke dokter.

3. Doyan menyantap makanan tidak sehat

Pecinta makanan asin atau gurih pasti tidak bisa lepas dari yang namanya garam. Mereka akan mencari garam untuk menguatkan rasa gurih dalam setiap gigitannya.

Sehingga mereka terbiasa makan dengan jumlah garam banyak. Parahnya, mereka menginginkan rasa asin dalam tiap jenis makanan.

Solusinya, Bila Anda belanja, cek label produk dan hindari makanan yang mengandung garam 0.03 ons per 3.5 ons.

Beberapa makanan yang miliki tinggi kandungan garam dan harus dihindari dari sekarang adalah pizza, sandwich, daging babi, sosis, dan lainnya. Daripada Anda makan praktis seperti makanan cepat saji, lebih baik Anda menyajikan segala sesuatunya dengan masak di rumah yang lebih sehat dan nikmat.

4. Merasakan keram otot

Sadari merasa keram itu paling tidak enak, apalagi sakit luar biasa yang menimpa di bagian otot. Saat keram, otot secara mendadak berkontraksi sehingga menimbulkan rasa sakit tak terhingga.

Jika keram otot yang Anda rasakan frekuensinya sering bahkan setiap hari, berhati-hati lah. Apalagi kalau Anda bukan manula atau atlet yang rentan cedera otot. Jadi konsumsi garam berlebihan adalah kesalahan fatal dan ini harus segera dikurangi.

5. Gampang lelah dan sering sakit kepala

Bila Anda sering sakit kepala dan mudah lelah, sudah bisa dipastikan bahwa anda terlalu banyak mengonsumsi garam. Konsumsi sodium secara berlebihan adalah jawaban dari terjadinya sakit kepala dan mudah lelah.

Bila hal tersebut seimbangkan makanan Anda dengan makan buah-buahan buah-buahan seperti alpukat, asparagus, dan kembang kol.(liputan6.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.