oleh

Kenali Tanda Sepeda Motor Harus Ganti Oli

PortalMadura.Com – Sepeda motor harus di rawat mulai dari mesin hingga ke badan motor. Apalagi di bulan lebaran ini sepeda motor Anda sering digunakan. Maka perlu untuk melakukan cuci sepeda dan mengganti oli. Mengganti oli merupakan satu hal yang penting dalam merawat sepeda motor Anda. Oli sebagai pelumas yang berguna untuk mendinginkan mesin. Saat sepeda motor sering digunakan, oli akan menjadi kotor dan kehilangan sifat kimianya.

Produsen biasanya memberitahu pengguna mengenai waktu ganti oli, dan cara mudah untuk mengetahui waktu yang tepat ganti oli dengan melihat kilometer. Anda harus mengetahui tiga tanda yang tepat untuk mengganti oli dilansir dari laman Liputan6.com, Jumat (29/5/2020)

Suara

Oli akan mengalami penurunan kualitas karena sering digunakan. Penurunan kualitas oli ini dapat memicu keluarnya suara yang kasar pada motor Anda. Biasanya suara keluar saat mesin digas dan mengoper gigi.

Indikator Oli

Indikator ini akan memberikan tanda atau sinyal jika oli sudah pwaktunya untuk diganti. Setiap sepeda motor memiliki indikator oli yang berfungsi untuk menjaga sirkulasi pelumasan pada mesin.

Tekstur

Oli hasil sisa pembakaran sepeda akan brubah warna menjadi hitam, jika teksturnya sudah berubah dan berpasir ini merupakan tanda untuk segera ganti oli.

Cek rutin oli sepeda Anda agar tetap nyaman selama digunakan.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE