oleh

Kenali Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

PortalMadura.Com – Hampir sebulan sudah kita telah mencoba untuk menaati perintah Allah SWT berpuasa menahan segala bentuk Nafsu dan perasaan – perasaan tidak penting degan tujuan agar nantinya kita dapat menjadi insan yang kembali kepada fitrah manusia ketika lahir dulu.

Dengan puasa ini kita diajarkan untuk menyadari dosa, menghindari dosa, dan menahan diri supaya tidak berbuat dosa sehingga kita benar – benar menjadi manusia yang bersih dan fitri. Betapa besar Kasih Allah kepada hamba-Nya, kesempatan ini mestinya kita manfaatkan sebaik mungkin supaya kita terlatih untuk terus menjalani hidup yang lebih baik setrelah Ramadhan nanti.

Ditambah lagi kebaikan Allah yang menurunkan lailatul qadar, dimana Malam lailatul qadar ini merupakan malam yang penuh barakah. Di malam itu akan turun rahmat Allah kepada Hamba – Hambanya yang benar – benar taat dan rahmat mulia itu setara dengan pahala ibadahnya manusia yang tanpa henti beribadah selama 1000 Bulan.

Andaikan kita kalkulasikan, Malam lailatul qadar yang pahalanya beribadah selama 1000 bulan ini diperkirakan dalam tahun menjadi 80 an tahun. Bayangkan apabila kita selama 80 tahun hidup kita dipergunakan hanya untuk beribadah saja, tidak bekerja, tidak tidur, tidak melakukan apapun kecuali beribadah kepada Allah SWT.

Itu akan menjadi hal yang sangat luar biasa sekali. Akan tetapi di malam lailatul qadar ini apabila kita mendapatkannya, hanya dengan waktu semalam saja! Masha Allah.
Tidak diketahui secara pasti kapan tanggal Lailatul qadar itu datang. Menurut para alim ulama ada beberapa hal mengatakan bahwa lailatul qadar datang dengan pertanda :

Di malam ganjil, di sepuluh hari terakhir Ramadhan

Dari Aisyah R.A, Rasulullah SAW mengencangkan kainnya ( menghindari bergaul dengan istri) menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya ( HR.Bukhari dan Muslim)

Cuaca langit bersih

Disebutkan dalam kitab Mu’jam At Thabari Al Kabir bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Pada saat lailatul qadar, Langit bersih, tidak panas ataupun dingin , tidak hujan, bintang tidak Nampak pada malam itu, dan siang harinya matahari bersinar tidak terlalu terik”(pekanbaru)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.