Kenali Tips Mengatasi Masalah Jerawat saat Masa Remaja

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Tips Mengatasi Masalah Jerawat saat Masa Remaja
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Masa remaja dimana masa yang sulit dan tidak hanya emosional maupun fisiknya. Bahkan Anda akan mengalami banyak perubahan, salah satunya dengan jerawat.

Banyak anak remaja yang dibiarkan bingung, stres, dan frustasi menghadapi perubahan yang terjadi pada diri mereka. Ketika kimia dan produksi kelenjar minyak di dalam tubuh berubah, rata-rata anak remaja akan mulai memiliki masalah kulit berjerawat.

Jerawat biasanya akan mulai muncul pada masa pubertas atau remaja ketika tubuh meningkatkan produksi hormon androgen. Hormon androgen ini merangsang produksi zat berminyak yang disebut sebum, yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit mati, dan rambut di celah kulit atau folikel rambut.

Dilansir fimela.com dikutip dari sheknows.com, penumpukan inilah yang akhirnya menyebabkan tekanan, yang bisa pecah, dan menyebabkan peradangan kulit, serta munculnya jerawat. Jika Anda memiliki anak yang sedang beranjak remaja, ajarkan pada mereka tentang perawatan kulit dasar di rumah.

Baca Juga: Polisi Sampang Tembak Pencuri Sepeda Motor

Komunikasikan kepada anak tentang pentingnya kebersihan kulit, baik dengan demonstrasi, berbelanja produk bersama, meninggalkan informasi, atau memberi mereka langsung produk yang sekiranya dibutuhkan.

Jika memungkinkan, berkonsultasi dengan dokter kulit sedini mungkin juga dapat membantumu dan anak memahami masalah kulit yang sedang terjadi. Interaksi dan hubungan yang baik dengan dokter kulit juga dapat menawarkan informasi yang lebih jelas.

Selain itu, jangan pernah lupa untuk selalu mengingatkan anak tentang nilai diri mereka di luar penampilan. Anak remaja paling membutuhkan dukungan emosional dari orangtua mereka. Jika anak remaja mulai tertarik menggunakan makeup, carilah produk yang ramah terhadap segala jenis kulit. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.