Kenapa Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Ini Alasannya

Avatar of PortalMadura.com
Kenapa Rambut Rontok Setelah Melahirkan Ini Alasannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kerontokan rambut sudah menjadi masalah umum yang cukup mengganggu banyak perempuan. Apalagi bagi wanita yang baru selesai proses persalinan, biasanya rambut lumayan banyak berjatuhan atau menempel di sisir.

Sebagaimana Menurut American Pregnancy Association, kondisi tersebut dialami sekitar 40 hingga 50 persen ibu yang baru melahirkan. Istilah kerontokan rambut ini disebut juga dengan postpartum hair loss.

Setelah Melahirkan

Lantas, apa saja yang harus diketahui tentang hal ini?. Seperti dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari Instyle, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kerontokan rambut usai melahirkan:

Akibat Perubahan Hormon

Sama seperti beragam permasalahan tubuh lainnya yang datang selama kehamilan, kelahiran, dan masa sesudahnya, kerontokan rambut juga dikaitkan dengan adanya perubahan hormon.

Menurut Debra Jaliman, M.D., asisten profesor Dermatologi di Icahn School of Medicine, kerontokan rambut yang berlebihan setelah melahirkan secara langsung berkaitan dengan peningkatan hormon yang terjadi selama kehamilan.

“Setelah melahirkan, kadar hormon akan kembali normal dan rambut akan rontok dalam volume yang banyak,” ujar Dr. Jaliman, Menurut Fayne Frey, M.D., ahli kulit dan pendiri Fry Face.

Sifatnya Hanya Sementara

Merasa terganggu akibat rambut rontok mungkin wajar, tapi apabila Anda bertanya-tanya apakah dapat mencegah kerontokan rambut setelah melahirkan, jawabannya, tidak. Sebab, kerontokan rambut hanyalah sebuah siklus rambut yang tengah berusaha tumbuh kembali normal, jadi tidak perlu khawatir.

Walaupun kondisi ini jelas membuat frustasi, kedua dokter menambahkan bahwa kerontokan rambut bersifat sementara. Dr Jaliman mengatakan, Anda akan melihat rambut rontok yang berlangsung sekitar dua hingga tiga bulan setelah melahirkan, dan akan kembali normal setelahnya.

Perawatan yang Bisa Dicoba

Setiap persoalan tentunya yang diharapkan adalah solusinya. Nah, menurut Dr. Jaliman, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan pertumbuhan rambut yang sehat selama Anda kerontokan rambut berlangsung. Berikut cara-caranya:

1. Hindari kuncir dan kepang yang terlalu ketat
2. Jangan memakai pengering rambut atau catokan bersuhu tinggi
3. Oleskan vitamin rambut secara rutin
4. Gunakan produk yang mengandung biotin
5. Konsumsilah makanan yang ada vitamin dan mineralnya.

Menurut Dr. Frey, Minoxidil yang dijual bebas, seperti Rogaine juga dapat membantu mengatasi kerontokan yang terjadi usai melahirkan. Kuncinya adalah sabar menunggu, lama-kelamaan kerontokan itu akan berhenti.

Baca Juga : 5 Hair Mask Alami yang Bisa Atasi Rambut Rontok

Perlu Anda tahu, postpartum hair loss juga biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Jadi, tidak perlu takut jika ini terjadi pada Anda setelah habis melahirkan. Pada akhirnya akan kembali seperti semula.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.