Kerap Diabaikan, Ini 5 Manfaat Willow Bark untuk Kecantikan Kulit

Avatar of PortalMadura.com
Kerap Diabaikan, Ini 5 Manfaat Willow Bark untuk Kecantikan Kulit
ilustrasi

PortalMadura.ComWillow bark atau dedalu merupakan pohon yang menjalar panjang ke berbagai arah. Pohon yang satu ini ternyata menyimpan sederet manfaat ajaib untuk kulit.

Perlu diketahui, bahwa pohon dedalu terdiri atas beberapa jenis. Akan tetapi, ekstrak willow bark untuk kecantikan biasanya paling banyak diambil dari white willow bark yang berasal dari white willow tree. Pasalnya, white willow bark memiliki kandungan salicin yang paling tinggi. Salicin sendiri adalah kandungan yang mana saat dikonsumsi, akan diproses menjadi salicylic acid (BHA) oleh tubuh.

Walau mengandung salicin yang dapat diproses menjadi salicylic acid, kandungan willow bark dalam produk kecantikan tetap tidak bisa menggantikan efek dari salicylic acid. Kendatipun begitu, salicin tetap memiliki manfaat anti-inflammatory dan antiseptic yang dapat membantu menenangkan kulit. Selain salicin, ekstrak kulit pohon dedalu ini juga mengandung flavanoids, polyphenols, dan tannins yang akan membantu merawat kulit.

Nah, berikut ini lima manfaat yang terdapat dalam willow bark extract untuk kecantikan kulit:

Anti-aging
Menurut sebuah studi di tahun 2010, ditemukan bahwa salicin dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Mulai dari membantu menyamarkan kerutan atau garis halus, mengurangi tampilan pori-pori besar, hingga mengembalikan warna cerah pada kulit.

Membantu Mengontrol Produksi Minyak
Willow bark extract mengandung tannins yang merupakan astringent, sehingga dapat membantu mengecilkan pori-pori sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih pada pemilik kulit berminyak.

Membantu Merawat Kulit Berjerawat
Berkat efek anti-inflammatory dari kandungan salicin, willow bark extract dapat membantu mengurangi inflamasi yang terjadi pada jerawat (kulit memerah dan membengkak di sekitar jerawat).

Baca Juga: Hari Ini KPU Sumenep Gelar PSU di Masalembu

Melindungi Kulit dari Faktor Lingkungan
Seperti kebanyakan ekstrak tumbuhan, willow bark mengandung flavanoids dan polyphenols yang kaya akan anti-oksidan, sehingga dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang meliputi sinar UV serta polusi. Secara tidak langsung, khasiat anti-oksidan ini pun membantu mengurangi tanda penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Membantu Merawat Kondisi Kulit Tertentu
Selain itu, kandungan polyphenols juga akan membantu menjaga kelembapan kulit dan memiliki khasiat anti-inflammatory dan anti-bacterial yang akan membantu merawat kulit dengan kondisi tertentu seperti kulit berjerawat, kulit dengan eczema, rosacea, atau psoriasis.

Itulah lima manfaat pohon dedalu bagi kecantikan kulit yang jarang diketahui.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.