Kerap Dilanda Banjir, Sampang Bangun Reservoir

Avatar of PortalMadura.com
Kerap Dilanda Banjir, Sampang Bangun Reservoir
Reservoir di Desa Palenggiyan, Kec. Kedungdung.

PortalMadura.Com, – Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur membangun atau pengendalian banjir di lokasi sektor hulu Daerah Aliran Sungai (DAS).

Pembangunan reservoir itu, diletakkan di empat titik wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Robatal, Kedungdung, Karang Penang dan Omben.

“Empat titik itu, wilayah tangkapan air yang masuk ke sungai Kemuning. Sehingga jika hujan terjadi secara bersamaan, kapasitas sungai dari masing-masing sungai tersebut tidak mampu menampung debit air,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sungai, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Sampang, Zaiful Muqoddas, Senin (18/12/2017).

Untuk itu, di sektor hulu dilakukan pengendalian banjir dengan cara membangun reservoir pengendali banjir. Titik lokasi yang sudah terbangun reservoir, salah satunya Desa Palenggiyan, Kecamatan Kedungdung.

“Reservoir juga berfungsi menahan dan menyimpan air baku saat musim kemarau. Sehingga dapat menjadi wadah prasarana dalam menyimpan air baku dan dapat dimanfaatkan ketika terjadi kekeringan,” ujarnya.

Reservoir yang terletak di Desa Palenggiyan terdapat mata air. Jadi, bisa dipastikan ada airnya ketika menghadapi musim kemarau nanti.

Reservoir dilakukan di beberapa titik lokasi lainnya, yaitu Desa Rahayu Kecamatan Kedungdung. Serta ada tujuh titik lokasi yang terbangun reservoir.

Keberadaannya sudah diuji coba langsung dengan hujan lebat yang berakibat terjadinya banjir beberapa waktu lalu.

“Uji coba tersebut, dibuktikan kondisi fisik resevoir tanpa mengalami kerusakan, dan dapat menghambat masuknya air ke wilayah perkotaan Sampang,” tutup Zaiful.(Rafi/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.