Memasuki New Normal, Ini Kesalahan Memakai Masker yang Sering Dilakukan

Avatar of PortalMadura.com
Memasuki New Normal, Ini Kesalahan Memakai Masker yang Sering Dilakukan
Ilustrasi (bloktuban.com)

PortalMadura.Com – Masker kini menjadi hal penting yang harus kita pakai di masa pandemi ini. Penggunaan masker yang benar dapat mencegah penyebaran . Namun, ternyata banyak orang yang melakukan kesalahan saat pakai masker.

Kesalahan dalam dapat membuat penutup hidung dan mulut ini tidak efektif menyaring udara. Sehingga risiko penularan Covid-19 pun dapat meningkat.

Dilansir dari laman Cnnindonesia.Com, Selasa (28/7/2020) berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan masker.

Hanya Menutup Bagian Mulut

Kesalahan yang sering dilakukan adalah memakai masker cukup rendah, sehingga hanya menutupi area mulut. Pemasangan masker seperti ini tetap menimbulkan risiko penularan penyakit.

Hidung serta bagian dagu penting untuk ditutup karena dapat menjadi jalur masuk udara dan virus. Ketika bersin dan batuk, hidung juga akan mengeluarkan tetesan sehingga harus ditutup dengan masker.

Masker yang Tidak Nyaman

Usahakan masker yang Anda kenakan pas dan nyaman di wajah. Kesalahan dalam memakai masker seringkali berawal dari rasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman membuat orang kerap menyentuh dan melepaskan masker.

Oleh karena itu, pilihlah masker yang pas dengan bentuk wajah. Pilih pula masker dengan bahan kain yang tepat agar tidak kepanasan dan membuat iritasi pada kulit.

Sering Memegang Masker

Saat Anda memakai masker, biarkan masker berada di posisi yang tepat. Jangan menyentuh masker atau terlalu sering mengubah posisi masker, apalagi dengan tangan yang belum dibersihkan.

Sering memegang masker yang sedang dipakai meningkatkan risiko masker terkontaminasi. Masker dapat terkontaminasi dari tangan atau benda lain yang menyentuhnya. Sementara itu, tangan juga dapat kontak langsung dengan bakteri atau virus yang menempel di bagian luar masker. Masker juga dapat menjadi longgar sehingga tidak efektif menyaring udara jika terlalu sering disentuh.

Terlalu Lama Memakai Masker

Banyak orang enggan mengganti masker yang telah digunakan berjam-jam bahkan seharian. Sebaiknya Anda mengganti masker setiap empat jam sekali dan jika masker telah basah.

Masker yang terlalu lama dipakai tidak lagi efektif menyaring udara. Menggunakan masker terlalu lama dan basah juga meningkatkan risiko terinfeksi virus dan bakteri.

Tidak Mencuci Masker dengan Benar

Pastikan Anda selalu mencuci masker kain dengan benar. Masker kain dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci dan sabun. Jika mencuci dengan tangan beri perhatian ekstra atau kucek lebih lama. Masker yang sudah rusak tidak boleh digunakan dan harus diganti dengan yang baru.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.