Ketahui 5 Cara Alami Atasi Pusing Kepala

Avatar of PortalMadura.com
Ketahui 5 Cara Alami Atasi Pusing Kepala
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pusing atau sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Ada banyak hal yang bisa memicu sakit kepala seperti telat makan, kurang tidur, atau mengalami stres berat.

Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut terlihat penyakit yang tidak serius. Sakit kepala atau pusing sering diabaikan karena dianggap sebagai keluhan biasa. Meski demikian, pusing tidak bisa diremehkan begitu saja.

Bagaimanapun pusing kepala tentu akan membuat aktivitas Anda menjadi terhambat, sebab akan mengganggu konsentrasi. Sehingga bisa membuat kegiatan sehari-hari menjadi menyedihkan dan memaksa Anda untuk langsung mengonsumsi aspirin.

Perlu Anda ketahui bahwa, jika sering minum aspirin dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh karena itu, jangan mudah menghilangkan pusing kepala dengan menggunakan obat-obatan berbahan kimia.

Ketika Anda mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, yang Anda lakukan hanyalah menekan gejala dan mengabaikan masalah sebenarnya yang memicu sakit kepala. Namun siapa sangka, dengan mengonsumsi obat dari ternyata sangat efektif.

Sebaiknya Anda menggunakan bahan alami untuk mengatasinya. Walaupun proses penyembuhannya membutuhkan waktu, cara menghilangkan pusing kepala dengan bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping pada tubuh. Berikut cara menghilangkan pusing kepala dengan bahan alami.

Perbanyak Konsumsi Air
Tinggalkan obat dan segeralah ambil segelas air. Para ilmuwan telah menemukan bahwa dengan minum air secara teratur, dapat mengurangi gejala sakit kepala yang parah dan membantu mengurangi untuk mengonsumsi obat.

Penyebab pusing kepala salah satunya adalah dengan kurangnya asupan air untuk tubuh Anda. Kopi, alkohol, minuman manis, semuanya dapat membuat Anda dehidrasi dan itu harus dihindari. Cukup lengkapi kebutuhan air pada tubuh Anda dengan mengonsumsi banyak air. Hindari mengonsumsi obat saat sedang pusing dan perbanyak minum air untuk meredakannya.

Konsumsi Kacang Almond
Daripada mengonsumsi obat yang menyebabkan Anda semakin ketergantungan saat pusing kepala melanda, lebih baik mengonsumsi beberapa kacang almond. Almond dapat menjadi obat alami dan alternatif yang lebih sehat dari pada mengonsumsi obat.

Almond mampu menghilangkan rasa sakit, karena mengandung salicin. Anda bisa coba mengonsumsi beberapa kacang almond saat sedang pusing. Karena cara menghilangkan pusing kepala ini sangat baik dibandingkan dengan mengonsumsi obat.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Atasi Pusing Tanpa Minum Obat

Uap dengan Cuka Apel
Siapa sangka, ternyata cuka sari apel memiliki sejarah panjang dalam pengobatan alami. Penggunaan bahan ini untuk menghilangkan segala sesuatu dari penyakit seperti demam dan hampir semua penyakit lainnya.

Beberapa penelitian modern telah membuktikan keefektifannya dalam mengobati penyakit-penyakit tertentu. Jadi, bila Anda merasakan pusing kepala yang berdenyut-denyut, coba berikan cuka apel ini.

Caranya cukup mudah, campurkan seperempat cuka apel dengan air panas. Tempatkan handuk di atas kepala Anda, hingga menggantung di atas mengkuk.

Pastikan wajah Anda tidak terlalu dekat, agar tak terbakar oleh uap.

Lakukan selama 5 – 10 menit, atau saat air mulai dingin.

Hirup dengan napas masuk dan keluar beberapa kali.

Setelah selesai, keringkan wajah dengan haduk tadi. Kemudian minumlah segelas air dingin.

Renggangkan, Santai, dan Bernapas
Saat Anda sedang menghadapi kegiatan yang super padat, tak jarang pikiran dan tubuh Anda bekerja terlalu keras yang akhirnya menimbulkan otot-otot menegang. Hal ini akan menyebabkan nyeri pada bagian titik tubuh Anda dan akhirnya menyebabkan pusing.

Bila sudah demikian, Anda bisa mencoba meringankan sakit kepala dengan cara menghilangkan pusing dengan yoga, bernapas, dan meregangkan otot. Hal yang mudah salah satunya dengan melakukan bernapas dengan teratur.

Anda bisa meredakannya dengan mengambil napas dalam-dalam, penuh, yang dimulai dari diafragma kemudian paru-paru. Hal ini akan membuat oksigen segar beredar melalui darah Anda dan juga akan membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

Oleskan Minyak Peppermint
Minyak peppermint memiliki efek menenangkan yang luar biasa saat Anda sedang mengalami pusing. Mampu membantu mengurangi ketidaknyamanan dan menjernihkan pikiran. Anda bisa melakukannya di berbagai tempat. Bila Anda memiliki kulit yang sensitif dan mudah iritasi, Anda bisa coba menggunakan minyak peppermint dengan sedikit minyak zaitun dan air.

Cara menghilangkan pusing kepala dengan minyak peppermint adalah dengan memijatkan minyak peppermint ke pelipis, bagian belakang rahang, dan dahi Anda. Anda akan merasakan sensasi dingin saat mengaplikasikannya. Bernapaslah dalam-dalam, dan jika mungkin temukan tempat yang tenang untuk bersantai.

Itulah cara alami untuk atasi pusing atau sakit kepala. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.