oleh

Ketahui 5 Manfaat dan 2 Efek Samping Kojic Acid Bagi Wajah

PortalMadura.Com – Kandungan Kojic Acid pada kosmetik dan sabun kecantikan, saat ini banyak diminati oleh kaum muda. Khususnya bagi perempuan yang menginginkan kulit menjadi putih dan lebih cerah. Kojic Acid merupakan zat kimia yang dibuat dari jenis jamur tertentu. Selain sebagai bahan untuk produk kecantikan, ternyata kojic acid ini juga menajdi produk sampingan dari fermentasi kecap dan sake.

Bahkan kojic acid ini digunakan untuk mengawetkan makanan pada industri makanan. Namun pada produk kecantikan digunakan sebagai bahan campuran pada kosmetik yang dapat mencerahkan kulit, menghambat produksi tirosin, membantu pertumbuhan melanin yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

Selain memiliki banyak manfaat ternyata kojic acid memiliki efek samping. Anda perlu mengetahui manfaat lain dan efek samping dari kojic acid dilansir dari laman Sehatq.Com, Jumat (19/6/2020)

Potensi Manfaat Kojic Acid Untuk Kulit dan Kecantikan

Membantu Mencerahkan Kulit

Setiap produk kecantikan yang mengandung kojic acid berpotensi untuk mencerahkan kulit. Selain mencerahkan kulit juga bermanfaat untuk mengurangi bintik-bintik hitam, memperbaiki kulit yang rusak efek terpapar sinar matahari, dan bisa sebagai antipenuaan.

Membantu Mengurangi Penampakan Bekas Luka

Jika Anda memiliki bekas luka di badan maka menggunakan kojic acid ini bisa memudarkan bekas luka Anda.

Membantu Menangani Melasma

Melasma merupakan kondisi menggelapkan bagian kulit tertentu, sehingga warna kulit Anda menjadi belang. Penggunaan kojic acid ini dapat membantu meratakan kulit yang belang.

Mengatasi Infeksi Jamur

Selain untuk mencerahkan kulit, kojic acid ini juga bermanfaat sebagai anti jamur. Seperti jamur penyebab panu, jika Anda memiliki panu maka disarankan menggunakan produk yang mengandung kojic acid.

Memiliki Efek Antibakteri

Kojic acid juga bermanfaat sebagai antibakteri, sehingga mencegah timbulnya bakteri yang dapat menyerang kulit Anda.

Efek Samping dari Penggunaan Kojic Acid

Selain memiliki banyak manfaat, ternyata kojic acid memiliki efek samping, oleh karena itu saat Anda menggunakan kojic acid ini untuk mengetahui terlebih dahulu efek samping kojic acid.

Kulit Mudah Mengalami Sunburn

Sunburn merupakan sensasi terbakar karena terpapar sinar matahari, sehingga kulit terlihat kemerahan dan membengkak.

Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan reaksi kulit pada zat tertentu yang ditandai dengan kemerahan, gatal, kering dan terasa perih.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Sehatq.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar