oleh

Buah Pinang Tawarkan Banyak Manfaat Untuk Tubuh

PortalMadura.Com – Pinang adalah pohon yang termasuk dalam sejenis palem yang tersebar di Asia Tenggara. Buah pinang muda salah satu bahan untuk nyirih dan dikunyah bersama dengan daun sirih dan beberapa tambahan lainnya. Tak hanya itu, Buah pinang muda sering dimanfaatkan masyarakat sebagai obat herbal kesehatan tubuh. Anda bisa mendapatakan manfaat buah pinang muda dengan cara mengonsumsinya mentah-mentah, dikeringkan, direbus, dipanggang, atau dibakar.

Dilansir dari laman Liputan6.Com, (18/6/2020) berikut manfaat buah pinang muda yang diyakini menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Meningkatkan Nafsu Makan
Buah pinang diyakini dapat meningkatkan nafsu makan. Gangguan nafsu makan bisa menyebabkan kekurangan nutrisi dan energi yang dibutuhkan tubuh. Pinang dapat meningkatkan energi dan merangsang nafsu makan yang baik. urangnya nafsu makan bisa disebabkan antara gangguan mental dan fisik. Selain buahnya, daun pinang juga kerap digunakan sebagai ramuan penambah nafsu makan.

Tingkatkan Energi Tubuh
Banyak orang mengunyah buah pinang untuk meningkatkan energi dan stamina. Ini diyakini karena kandungan alkaloid yang dapat melepaskan adrenalin dalam tubuh. Efek ini juga bisa menghasilkan perasaan euforia dan ketenangan. Buah pinang mampu membuat seseorang lebih waspada.

Sehatkan Rahim
Buah pinang muda dipercaya dapat mencegah pendarahan usai melahirkan. Air rebusan buah pinang juga dipercaya bisa merapatkan daerah kewanitaan. Selain itu, biji pinang muda sebagai obat untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Manfaat buah pinang muda ini didapat dengan cara merebus buah pinang muda dan meminum airnya selama satu minggu.

Cegah Gigi Berlubang
Buah pinang muda dikenal dapat mecegah gigi berlubang. Biji dan kulit biji bagian dalam juga dapat digunakan untuk menguatkan gigi rapuh bersama-sama dengan sirih. Buah pinang mengandung tanin yang berkhasiat untuk menguatkan gusi dan menghentikan perdarahan. Buah pinang juga mengandung sifat anti-bakteri yang dapat menyingkirkan bakteri berbahaya di mulut.

Atasi Cacingan
Buah pinang juga kerap digunakan dalam bahan untuk mengatasi cacingan. Senyawa arekolin yang terdapat dalam buah pinang berkhasiat sebagai obat cacing. Sediaan simplisia biji pinang di apotek biasa digunakan untuk mengobati cacingan, terutama untuk mengatasi cacing pita. Konsmusi ekstrak atau air buah pinang muda dapat mengatasi masalah cacingan bagi anak dan orang dewasa.

Atasi Bau Mulut
Penyebab bau mulut bisa termasuk makanan, produk tembakau, kebersihan gigi yang buruk, masalah kesehatan, mulut kering, infeksi mulut, masalah gigi, atau obat-obatan tertentu. Sifat anti-bakteri pada buah pinang dapat membunuh kuman penyebab bau mulut. Bau mulut juga disebabkan oleh mulut kering. Konsumsi buah pinang muda dapat mengatasi mulut kering yang secara langsung juga mencegah bau mulut.

Cegah Mulut Kering
Orang yang mengunyah buah pinang cenderung menghasilkan air liur dalam jumlah besar. Efek ini dapat mencegah mulut kering. Mulut kering sering dikaitikan dengan masalah bau mulut dan gigi berlubang.

Tingkatkan Gairah Seksual
Manfaat buah pinang muda yang cukup terkenal adalah untuk meningkatkan gairah seksual. Ini diyakini berkat kandungan alkaloid berupa senyawa arekolin dalam buah pinang. Konsmusi air rebusan maupun ekstrak buah pinang dapat meningkatkan gairah seksual dan menjaga stamina tubuh.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar