oleh

Ketahui 5 Manfaat MPASI Kentang Bagi Bayi

PortalMadura.Com – Bayi membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Nutrisi pada bayi yang sudah bisa diberikan MPASI ini harus diperhatikan oleh para mama. Terkadang para mama bingung membuat resep MPASI bagi bayi. Anda harus memiliki banyak resep MPASI agar bayi tidak bosan.

Biasanya bahan utama yang sering digunakan sebagai MPASI adalah kentang. Selama ini kentang dijadikan pengganti nasi karena kentang mengandung karbohidrat kompleks yang dapat menambah energi si kecil. Dilansir dari laman Popmama.Com berikut manfaat kentang bagi bayi.

Mencegah Radikal Bebas

Kentang mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Senyawa antioksidan ini seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Dengan mengonsumsi kentang ini dapat menetralkan molekul berbahaya akibat serangan radikal bebas. Hal ini dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker saat sudah beranjak dewasa.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi orang dewasa yang ingin menurunkan berat badan maka kentang adalah pilihan yang tepat. Karena kentang ini dapat mengontrol kadar gula, bahkan ini juga bermanfaat mengontrol gula pada bayi. Kandungan pati pada kentang yang dikenal dengan pati resisten yang tidak mudah di pecah. Pati ini juga mudah diserap oleh tubuh sehingga dengan mengonsumsi kentang tidak mudah terserang penyakit diabetes.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kentang juga mengandung serat yang berfungsi melancarkan pencernaan bayi. Dapat Anda ketahui bayi belum memiliki sistem pencernaan yang belum bekerja dengan optimal. Maka dengan mengonsumsi kentang dapat memperkuat pertahanan usus besar dari serangan sel kanker.

Sumber Energi

Bagi bayi yang berusia 7-12 bulan maka ketang ini menjadi sumber energi yang baik. Karena pada usia ini umunya bayi bergerak lebih akif. Sehingga dengan mengonsumsi kentang maka kebutuhan energi bayi bisa terpenuhi.

Sumber Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin dan mineral pada kentang sangat baik jika dikonsumsi oleh bayi. Vitamin dan mineral ini paling banyak ditemukan pada kulit. Maka sebaiknya tidak mengupas kulit kentang saat merebus. Pastikan Anda mencuci kentang dengan bersih agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel.

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Popmama.Com

Komentar