oleh

Ketahui 5 Perlengkapan Penting saat Bayi Baru Lahir

PortalMadura.Com – Anda yang sedang menanti lahirnya buah hati, sudah mempersiapkan perlengkapan bayi di rumah? Sebagian besar calon Bunda dan Ayah pasti berusaha mengurus hal-hal tersebut secara matang. Terlepas dari perlengkapan bayi, kadang orang tua malah mementingkan dekorasi kamar bayi.

Berbagai perlengkapan pasti sudah disiapkan oleh Ayah dan Bunda dari jauh-jauh hari. Sayangnya, kerap kali yang malah dibeli adalah barang-barang yang tidak terlalu diperlukan. Bahkan, Bunda dan Ayah kadang justru melupakan hal-hal kecil yang lebih penting untuk menyambut kelahiran bayi.

Melansir dari laman HaiBunda.com, apa saja perlengkapan yang dibutuhkan dan dipersiapkan menjelang kelahiran buah hati. Yuks, simak dibawah ini.

Tempat Tidur
Bayi perlu memiliki tempat tidurnya sendiri, meskipun bayi akan sering tidur bersama Aah dan Bunda. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat tidur untuk bayi ialah dengan mengenali jenis kasur yang sesuai dengan kebutuhan, tidak sempit atau terlalu luas. Kasur yang terlalu empuk juga tidak begitu disarankan ya Bun, karena bisa berisiko kematian bayi secara mendadak (SSID) dengan terbenamnya wajah bayi dalam kasur.

Popok
Bingung ya Bun, biasanya bayi yang baru lahir tuh kira-kira bakal butuh berapa popok? Pemakaian popok bisa juga dengan kain biasa loh Bun, tergantung pada kebutuhan dan kondisi. “Untuk bayi baru lahir, bisa memakai kain untuk menggantikan popoknya. Biasanya butuh 70-90 popok untuk ganti per minggunya,” ujar dr. Priscilla Johanna, melansir dari laman HaiBunda.com.

Pakaian
Pilih pakaian dan perlengkapan bayi dengan kain yang memiliki tekstur lembut dan tidak panas. Pakaian untuk bayi perempuan atau laki-laki tidak begitu berbeda, tergantung bagaimana Bunda memilih warnanya. Beberapa yang perlu Bunda persiapkan seperti, kaos tangan panjang dan pendek, kaos singlet, celana panjang dan pendek, sarung tangan dan kaki, bahkan celemek juga lho Bun.

Botol Susu
Meski bayi baru lahir masih meminum air susu ibu (ASI) secara langsung, bukan berarti menyiapkan botol susu tidak penting, lho Bunda. Sebab, botol susu bisa dipakai dalam jangka panjang sampai bayi sudah minum susu formula. Botol susu berguna saat berpergian untuk membawa ASI yang sudah dipompa sebelumnya.

Dan saat membeli botol susu, Bunda juga perlu membeli alat pembersihnya. Sikat panjang dengan kawat halus dapat dijadikan pilihan. Setelah botol dicuci dengan sabun, Bunda bisa lakukan sterilisasi kembali dengan merebus botol di air mendidih.

Perlengkapan Mandi
Bak mandi menjadi salah satu hal yang wajib ada nih Bun. Tips untuk memilih bak mandi untuk si kecil tidak terlalu sulit. Pastikan bak tidak memiliki sudut tajam yang dapat membahayakannya, lalu pilih yang tidak terlalu dalam juga.

Selanjutnya sabun dan sampo. Ada banyak pilihan dengan berbagai keunggulan di tiap produknya. Bunda bisa memilih salah satu yang mengandung banyak vitamin untuk menutrisi rambut serta kulit bayi, Bun. Setelah itu, pilih handuk yang memiliki tekstur halus serta mudah menyerap air. Bunda juga bisa memberikan minyak telon serta bedak pada tubuhnya agar menjaga kulit bayi tetap lembut dan hangat.

Perlengkapan lainnya, gunting dan kapas untuk mengurus tali pusarnya. Selain itu, kapas dengan baby oil juga dapat digunakan untuk membersihkan telinga bagian luar bayi serta bagian lipatan-lipatan pada tubuh bayi.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : HaiBunda.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar