oleh

Ketahui 7 Dampak Buruk Begadang Bagi Kecantikan

PortalMadura.Com – Banyak orang suka begadang lantaran menganggap begadang merupakan suatu hal yang wajar, sehingga terus-menerus dilakukan. Entah karena alasan lembur untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, nonton pertandingan bola, atau belajar dengan sistem kebut semalam.

Padahal selain berdampak buruk bagi kesehatan, begadang juga berdampak buruk bagi kecantikan. Maka hindarilah sebisa mungkin untuk tidak begadang, kecuali memang ada hal yang sangat mendesak sehingga membuat Anda harus begadang.

Dibawah ini dampak buruk begadang bagi kecantikan yang dilansir dari laman Popbela.Com, Rabu (7/10/2020):

Kulit Menjadi Kusam

Selain kulit bisa kehilangan cahaya, kurang tidur hanya akan membuat kulit menjadi kusam. Hal itu dikarenakan saat kurang tidur kadar kortisol meningkat, sehingga hormon memicu peradangan di kulit dan membuat kulit menjadi kusam.

Menimbulkan Jerawat

Efek lain dari kurang tidur adalah dapat menyebabkan munculnya jerawat. Saat kurang tidur sistem kekebalan tubuh akan melemah sehingga kulit lebih rentan terhadap bakteri penyebab jerawat.

Memperburuk Kondisi Kulit

Bukan hanya memicu munculnya jerawat, kurang tidur juga dapat memperburuk kondisi kulit. Jika sudah berjerawat sebelum memiliki kebiasaan begadang, bukan tidak mungkin kulit akan semakin parah dengan warna wajah kemerahan hingga iritasi.

Menimbulkan Kantung Mata

Efek yang terlihat lainnya dari kurang tidur akan tercermin pada area bawah mata. Hal itu dikarenakan area bawah mata merupakan bagian yang cukup sensitif sehingga mudah terpengaruh.

Berat Badan Semakin Bertambah

Bagian ini mungkin terdengar aneh, tapi begitulah nyatanya. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur membuat Anda lebih lapar dan keinginan mengonsumsi makanan manis meningkat, sehingga memengaruhi berat badan hingga menyebabkan obesitas.

Mempercepat Penuaan Kulit

Dampak buruk lainnya dari kurang tidur yaitu menyebabkan tanda-tanda penuaan di kulit seperti garis-garis halus dan kerutan. Hal itu dikarenakan produksi kolagen berkurang saat tidur tidak cukup.

Menyebabkan Kulit Kering

Tidur yang cukup akan melembapkan tubuh dan membuatnya tetap terhidrasi. Berbeda jika kurang tidur, kulit akan kering dan berbagai masalah lainnya akan muncul jika Anda memiliki kulit kering.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : popbela.com

Komentar