oleh

Ketahui Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Talas merupakan jenis umbi-umbian yang banyak disukai orang Indonesia karena rasanya yang lezat. Talas dapat disulap menjadi beberapa makanan lezat misalnya bolu, keripik, kolak dan masih banyak lagi.

Dibalik rasanya yang lezat, talas juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Merdeka.Com, Rabu (22/7/2020)berikut ini beberapa manfaat talas untuk kesehatan.

iklan pilbup

Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh

Turunkan Risiko Kanker

Talas memiliki kandungan nabati yang disebut polifenol. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menurunkan risiko kanker. Kandungan itu berperan sebagai antioksidan yang kuat guna melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas berlebihan yang dikaitkan dengan kanker.

Jaga Kesehatan Otot, Saraf dan Tulang

Talas mengandung Vitamin E dan magnesium yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis. Umbi ini mengandung magnesium yang penting untuk kesehatan otot, tulang, dan saraf.

Para atlet dianjurkan rajin mengonsumsi talas kukus agar energi dalam tubuh lebih tahan lama. Manfaat ini dikarenakan talas mengandung indeks glikemik rendah yang baik untuk atlet.

Turunkan Berat Badan

Talas adalah satu di antara jenis umbi-umbian yang sangat cocok dijadikan menu sehat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Talas merupakan sumber serat yang baik.

Sebuah penelitian menemukan orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan lebih ideal dan tidak terlalu menimbun lemak dalam tubuh. Kandungan serat dalam talas akan memperlambat pengosongan perut, yang membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi sepanjang hari.

Cegah Penyakit Jantung

Manfaat talas selanjutnya adalah mampu mencegah penyakit jantung karena adanya kandungan serat dan oati resisten. Dua kandungan itu akan membantu mencegah penyakit jantung.

Orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Talas juga mengandung 6 gram serat.

Obati Diabetes

Talas merupakan salah satu menu yang cocok untuk para pengidap diabates. Umbi ini mengandung dua jenis karbohidrat yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, yaitu serat dan pati resisten.

Talas juga memiliki manfaat untuk membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat lain, mencegah naiknya gula darah besar setelah makan.

Semoga informasi tentang manfaat talas bagi keseahtan diatas membantu anda mencari alternatif makanan yang bergizi dan menyehatkan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar