7 Manfaat Membaca Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Avatar of PortalMadura.com
7 Manfaat Membaca Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak
Ilustrasi (hellosehat.com)

PortalMadura.Com – Saat anak masih ingin terus bermain, menonton TV, atau tidak mau tidur, sementara malam semakin larut, si kecil sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda mengantuk. Jika hal itu terjadi, membacakan sebelum tidur bisa menjadi salah satu solusinya.

Jika Anda tidak pandai mengarang cerita, bacakanlah buku cerita anak-anak. Biasanya buku dengan gambar yang menarik lebih disukai anak. Anak kecil yang belum bisa membaca biasanya tertarik mendengarkan cerita dan melihat gambarnya.

Manfaat Sebelum Tidur untuk Anak

Dilansir dari laman Halodoc.Com, Rabu (22/7/2020) berikut ini manfaat membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak.

Meningkatkan Kemampuan Bicara dan Bahasa

Membacakan dongeng bisa menjadi sasaran untuk mengajarkan anak berbicara, bahkan sejak awal kehamilan. Adanya interaksi yang dilakukan orang tua misalnya melalui kegiatan mendongeng, akan direspons oleh otak anak, dengan menyerap suara serta bahasa yang digunakan saat bercerita.

Menenagkan Anak

Saat Anda membacakan dongeng, biasanya Anda akan bercerita dalam suasana santai dan nyaman. Mungkin beberapa orang tua akan melakukan drama dengan menekan intonasi yang berbeda saat membacakan cerita. Kegiatan ini yang bisa membuat anak tertarik untuk mendengarkan cerita, sehingga ia akan merasa nyaman dan lebih tenang.

Membiasakan Pola Tidur Sehat

Membacakan cerita sebelum tidur juga bisa membantu menjaga kualitas tidur anak. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebelum ia tidur. Saat Anda melakukannya, anak akan tahu bahwa sudah waktunya untuk ia tidur. Sehingga anak akan terbiasa dengan pola tidur yang sehat, termasuk memiliki jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya.

Menumbuhkan Minat Baca

Anak tidak akan puas hanya dengan mendengarkan satu sampai dua cerita. Mereka akan terus meminta cerita-cerita baru tanpa ada habisnya atau meminta dibacakan satu cerita berulang-ulang. Memang melelahkan, tapi dengan cara ini dapat memupuk minat membaca pada anak. Anak-anak yang sering dibacakan buku cerita akan tumbuh menjadi anak yang gemar membaca buku, ketimbang anak-anak yang lebih banyak menonton TV atau video.

Merangsang Imajinasi dan Kreativitas

Saat mendengarkan cerita, ia akan berimajinasi mengenai alur cerita yang dibacakan oleh orangtuanya. Jika dibiasakan, hal ini akan mengajarkan anak untuk berpikir cepat dan kreatif. Selain itu, membaca cerita sebelum tidur juga bisa meningkatkan IQ, termasuk mempertajam daya ingatnya.

Mengasah Keterampilan Mendengar

Membacakan cerita pada anak sebelum tidur dapat mengasah indera pendengaran. Saat memahami isi dari buku yang didongengkan, ia harus mendengarkan cerita yang Anda sampaikan. Sehingga, kegiatan mendongeng bisa mengasah kemampuan mendengar serta meningkatkan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak.

Mengenalkan Nilai Moral Positif

Ada banyak nilai moral yang bisa diajarkan orangtua pada anak melalui dongeng. Misalnya, nilai kejujuran, rendah hati, kerja keras, dan nilai moral positif lainnya. Sehingga, membaca cerita sebelum tidur diharapkan bisa membantu anak untuk belajar tentang nilai moral positif yang berlaku di masyarakat.

Sebelum membacakan cerita, Anda perlu memperhatikan jenis buku yang akan dibacakan. Jangan sampai Anda memilih cerita yang terlalu menakutkan bagi anak. Usahakan untuk menjadikan kegiatan mendongeng sebagai hal yang menyenangkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.