Ketahuilah, Pahala Mengerjakan Salat Sunah Rawatib Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Ketahuilah, Pahala Mengerjakan Salat Sunah Rawatib Menurut Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada dua kategori salat dalam islam yaitu salat wajib dan salat sunah. Salat wajib adalah salat yang wajib dikerjakan bagi orang yang sudah memenuhi persyaratannya. Sementara salat sunah adalah salat yang sangat dianjurkan mengerjakannya, dan tidak berdosa bila meninggalkannya.

Syeikh al-Nawawi al-Banteni menjelaskan bahwa salat sunah yang dianjurkan adalah dua raka’at sebelum subuh, empat rakaat sebelum dan setelah dhuhur, empat rakaat sebelum ashar, dua raka’at sebelum dan setelah salat isya. Salah satu salat sunah yang dianjurkan adalah salat sunah rawatib, yaitu salat sunah yang dikerjakan sebelum atau setelah salat wajib.

Sementara salat sunah empat rakaat sebelum dan sesudah Dhuhur dianjurkan karena dalam hadis riwayat al-Bukhari dikatakan bahwa Rasulullah tidak pernah meninggalkan salat sunah empat rakaat sebelum dhuhur. Begitu juga empat rakaat setelah salat Dhuhur, karena Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang menjaga shalat empat rakaat sebelum dan setelah Dzuhur, Allah akan memeliharanya dari api neraka”.

Disunahkan juga shalat sunnah empat rakaat sebelum Ashar, sebab Rasulullah SAW mengatakan, “Allah mengasihi orang yang salat empat rakaat sebelum Ashar”.

Kemudian disunahkan shalat sunnah setelah Maghrib, karena dalam hadis riwayat al-Bukhari dan Muslim, “Rasulullah SAW dua rakaat sebelum dan sesudah Dhuhur, dua rakaat setelah Magrib, dan dua rakaat setelah Isya”.(Islami.Co/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.