oleh

Keuangan Tetap Stabil Meski Gaji Pas-pasan, Mau Tahu Caranya? Yuk Intip

PortalMadura.Com – Tahun berganti begitu cepat, segala bentuk kebutuhan hidup juga kian bertambah pesat. Bagi yang mempunyai gaji pas-pasan, hal ini menjadi masalah tersendiri. Bagaimana tidak, saat biaya hidup semakin tinggi, belum lagi tanggungan yang banyak tentu sangat sulit dalam mengatur keuangan.

Tidak sedikit beberapa orang yang kemudian pasrah saja terhadap gaji mereka yang pas-pasan tanpa memiliki strategi yang tepat dalam mengatur keuangannya. Padahal, ada beberapa hal yang dapat diusahakan agar keuangan Anda stabil meskipun gaji pas-pasan.

Bagaimana caranya?. Berikut 5 hal yang dapat Anda lakukan di saat gaji pas-pasan sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (25/5/2021) dari laman Idntimes.com:

Buat Pengelompokan Pengeluaran

Banyak sebagian orang yang tidak membatasi seberapa banyak pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya. Padahal, hal ini akan membuat keuangan orang tersebut menjadi tidak menentu. Cara yang efektif untuk menjaga pengeluaran agar sesuai dengan anggaran Anda adalah dengan mengelompokkannya ke dalam beberapa bagian.

Misalkan, Anda dapat mengelompokkan uang yang Anda punya untuk 40% kebutuhan sehari-hari seperti makan dan minum, 20% untuk membeli barang kesenangan kita, 20% untuk membayar utang ataupun biaya tidak terduga, dan 20% sisanya untuk ditabung atau investasi. Pastinya diperlukan konsistensi yang tinggi untuk menerapkan hal ini agar keuangan Anda sesuai yang direncanakan.

Anda juga harus tegas terhadap diri Anda sendiri agar tidak keluar dari pengelompokan anggaran yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Jika Anda konsisten dalam menerapkannya, hasil positif akan Anda raih dalam jangka panjang.

Jangan Buang Uang Anda Karena Enggan Untuk Menolak Ajakan Pengeluaran yang Tak Penting

Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang, adalah enggan untuk menolak hal yang tidak penting dan dapat membuat pengeluarannya membesar. Banyak orang yang selalu mengiyakan ajakan untuk main ke tempat nongkrong mahal, liburan ke tempat wisata mahal, belanja di mall, padahal keuangannya pun sedang tidak stabil.

Cobalah untuk mengatakan tidak untuk hal-hal yang dapat membuat pengeluaran Anda membengkak di saat keuangan Anda kurang stabil. Jika memang susah untuk mengatakan tidak di momen tertentu, Anda juga harus lebih persuasif untuk mencari alternatif lain yang dapat meminimalisir pengeluaran Anda.

Evaluasi Pengeluaran Anda Per Bulan

Mengevaluasi pengeluaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Anda dapat melakukan evaluasi pengeluaran Anda dalam jangka waktu tertentu, misalkan 2 minggu sekali atau sebulan sekali.

Hal ini bertujuan agar stabilitas keuangan Anda dapat menjadi lebih baik dan teratur. Cobalah untuk meminta saran terhadap orang-orang terdekat Anda apakah pengeluaran Anda per bulan atau periode tertentu itu merupakan sesuatu hal yang wajar atau tidak.

Jangan lupa untuk mendiskusikan ini dengan pasangan Anda jika Anda sudah berkeluarga mengenai pengeluaran Anda itu. Cobalah membuat daftar pengeluaran yang seharusnya dapat diminimalisir atau dihilangkan jika memungkinkan setiap minggunya.

Mulailah Melakukan Investasi

Kebanyakan orang dengan gaji pas-pasan akan berpikir akan susah untuk melakukan investasi. Padahal, hal ini sangatlah penting untuk menyelamatkan keuangan Anda dalam jangka panjang. Investasi merupakan hal yang penting mengingat pengeluaran Anda akan semakin membesar seiring bertambahnya usia Anda.

Tetaplah berinvestasi walaupun nilainya tidak terlalu besar karena yang paling penting ialah konsistensi berinvestasi. Ingatlah pepatah “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”. Ada banyak investasi yang dapat Anda lakukan, mulai dari saham, reksadana, emas, hingga investasi peer to peer lending.

Carilah Pemasukan Baru

Jika Anda merasa gaji Anda kurang besar untuk menutupi pengeluaran sehari-hari Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba mendapatkan pemasukan baru. Hal ini setidaknya akan membuat keuangan Anda lebih stabil dibandingkan sebelumnya. Pastinya Anda juga harus selektif dalam mencari pemasukan tambahan tanpa harus mengganggu kerja utama Anda.

Anda mungkin dapat menjadi mitra ojek online, freelancer, atau pelayan toko atau kafe secara part time. Atau mungkin Anda juga bisa melakukan bisnis kecil-kecilan di hari sabtu dan minggu yang mana hari tersebut merupakan hari libur bagi kebanyakan pekerja.

Nah, itu dia 5 hal yang dapat membuat keuangan Anda stabil walau gaji Anda pas-pasan. Pastinya diperlukan usaha yang konsisten dan tekad yang bulat agar keuangan Anda menjadi stabil. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com

Komentar