Keuntungan Tidak Pakai Celana Dalam, Ini 4 Cara Memulainya

Avatar of PortalMadura.com
Keuntungan Tidak Pakai Celana Dalam, Ini 4 Cara Memulainya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian besar orang, pakaian dalam sudah menjadi busana wajib yang harus dikenakan. Bahkan sebelum mengenakan baju, pakaian dalam selalu membungkus lebih awal. Pada umumnya pakaian dalam dikenakan seharian, namun tak jarang juga orang yang tidak mau melepas pakaian dalamnya ketika akan pergi tidur.

Sedangkan beberapa orang lainnya ternyata juga ada yang memilih untuk tidak memakai pakaian dalam di saat-saat tertentu. Menurut mereka hal tersebut lebih sehat, namun benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Menurut dokter kandungan dan ginekolog di Mount Kisco, New York, dr. Alyssa Dweck, Anda memang tidak selalu perlu mengenakan pakaian dalam.

Menurutnya, bagi perempuan misalnya, vagina tidak perlu ditutupi sepenuhnya ketika tidur. Namun, beberapa wanita tidak mau mengambil risiko dan memilih tidur dengan pakaian dalam mereka.

Menurut Dweck, ada keuntungan dari tidak memakai pakaian dalam, misalnya pada perempuan yang mengidap vulvitis kronis (peradangan pada lipatan kulit luar vagina) atau vaginitis kronis (peradangan pada vagina).

Perempuan dengan penyakit tersebut sangat rentan terhadap infeksi jamur, gatal, dan iritasi, sehingga lebih baik mereka tidur tanpa menggunakan celana dalam.

Tahukah Anda bahwa bakteri dan jamur senang berkembang di tempat yang gelap, hangat, dan lembap? Ketika perempuan melindungi bagian pribadinya dengan kain apalagi kain yang tidak menyerap keringat,  ini akan menyebabkan iritasi vagina.

Selain itu, vagina pun akan lembap, hal ini akan menjadi sasaran empuk untuk jamur dan bakteri berkembang. Melepas celana dalam ketika tidur dapat menjadi salah satu upaya menjaga kebersihan alat kelamin.

Awalnya, mungkin terasa aneh ketika tidak ada penutup bagian bawah itu. Rasa tidak nyaman, tidak aman, dan terekspos pasti akan dirasakan. Tapi, vagina juga butuh untuk bernapas.

Bila Anda tertarik mencobanya, penting menaruh pakaian dalam di samping tempat tidur untuk berjaga-jaga bila ada situasi darurat, seperti kebakaran atau gempa bumi yang mengharuskan kita keluar dari kamar atau rumah.

Selebihnya, pada siang hari usahakan untuk memakai pakaian yang menyerap udara dan keringat, contohnya celana dalam yang berbahan katun.

Samahalnya dengan perempuan, penis juga butuh bernapas. Tidak memakai celana dalam ketika tidur dapat memberikan kelegaaan tersendiri.

Menurut Jamin Brahmbhatt, M.D, rekan-direktur klinik urologi PUR di Clermont, Florida, tidak ada alasan medis yang mengharuskan kita untuk menggunakan celana dalam.

Disamping itu, menurut dr. Michael Eisenberg, urolog dan pimpinan pengobatan dan operasi reproduksi pria di Stanford University Medical Centerin Palo Alto, California bahwa tidak ada manfaat kesehatan menggunakan atau tidak menggunakan celana dalam bagi laki-laki.

Baca Juga : Tidur Tanpa Gunakan Celana Dalam, Manfaatnya Luar Biasa

Sedangkan beberapa peneliti mengungkapkan bahwa menggunakan celana yang ketat dapat meningkatkan suhu pada testis, yang dikaitkan dengan kualitas sperma yang buruk. Tapi, hal ini masih menjadi pro dan kontra.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa tidak ditemukan dampak dari jenis celana dalam terhadap kesuburan. Bersyukurlah karena laki-laki juga bisa tidak mengenakan celana dalam pada siang hari.

Meski demikian, untuk alasan kesopanan dan kerapian, para pria memang sebaiknya tidak sembarangan beraktivitas tanpa celana dalam di tempat-tempat tertentu.

Bagaimana, ingin mencoba satu-dua hari tidak mengenakan pakaian dalam? Bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba agar tetap aman tanpa menggunakan celana dalam.

Petroleum Jelly
Oleskan petroleum jelly pada bagian paha untuk menghindari iritasi akibat gesekan langsung pada baju yang kita kenakan.

Jaga Kebersihan
Jamur menyukai tempat yang hangat dan lembap, sehingga penis pun tetap bisa berkeringat, meski tanpa menggunakan celana dalam. Jika sudah terkena jamur, kondisi kulit akan kemerahan, gatal, dan terdapat ruam yang berbentuk cincin.

Bila Anda biasanya mencuci celana setelah 4 kali pemakaian, maka saatnya mengubah menjadi setiap dua kali pemakaian atau setiap habis dipakai.

Saat sangat berkeringat, satu kali pemakaian mungkin sudah mengharuskan Anda untuk segera menaruh celana di ranjang cucian.

Hati-hati Pilih Bahan dan Warna Celana
Gunakan celana yang dapat menyerap udara sehingga tidak membuat gerah, tapi Anda juga perlu hati-hati dengan celana yang berbahan terang atau tipis. Bahan terang bisa memperlihatkan noda yang jelas dari keringat pada bagian pangkal paha.

Jangan Mencoba Baju di Toko saat Sedang Tak Pakai Celana Dalam
Hindari mencoba celana di ruang ganti. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran bakteri. Selangkangan penuh dengan bakteri saat berkeringat, sehingga mencoba celana baru hanya akan menambah bakteri dan menyebarkannya.

Menurut Sarah Council, Ph.D, seorang ahli mikrobiologi di North Carolina Museum of Natural Sciences Genomics & Microbiology Research Lab. Beberapa dari bakteri bisa berpindah pada kain. Jadi, tetap berhati-hati ya.

Itulah keuntungan melepas celana dalam ketika tidur. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.