oleh

Keutamaan Salat Tarawih Di Tengah Pandemi Covid-19

PortalMadura.Com, Sumenep – Salat Tarawih merupakan ibadah salat sunah yang ditunaikan selama Ramadan dan hukumnya sunah muakad.

Pada bulan Ramadan 1441 Hijriyah umat muslim melaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumenep, Musthafa S.Ag menyampaikan, salat tarawih adalah ibadah sunah untuk menggugah manusia agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena banyak pahala dari setiap rakaatnya.

“Bisa saja dengan melakukan salat tarawih, menghindarkan kita dari wabah penyakit. Termasuk Covid-19. Itu bagian dari ikhtiar (upaya) dan tawakal (pasrah) manusia kepada Allah SWT,” katanya, Senin (27/4/2020).

Menurutnya, salah satu ikhtiar secara zahir adalah melakukan perlindungan diri dengan cara mengenakan masker dan mengikuti aturan pemerintah.

“Sedangkan secara batin kita bisa melakukan zikir kepada Allah SWT dengan melaksanakan salat tarawih,” ujarnya.

Baca Juga : RSUD Moh. Anwar Sumenep Lakukan Rapid Test Bagi Pasien Mencurigakan

Dalam hadis Nabi, tentang keutamaan salat tarawih (HR Imam Bukhori Muslim) disebutkan, barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.

Pada bulan Ramadan tahun ini, kata Musthafa, umat muslim diuji untuk selalu bersabar dan tawakal. “Bersabar dengan adanya anjuran pemerintah, sebagai upaya untuk memutus mata rantai pandemi covid-19,” tutupnya.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar