Kiat Jitu Mengatasi Rasa Takut Pada Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Kiat Jitu Mengatasi Rasa Takut Pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya rasa takut yang dialami dapat muncul dari perkembangan interaksi dan lingkungan. Ketakutan yang dialami oleh anak Anda akan memiliki rasa tidak nyaman, khawatir dan kepanikan.

Rasa takut ini dinilai wajar apabila tidak berlebihan, karena pada dasarnya rasa ini dapat diatasi dengan menjalin hubungan yang baik dengan orang terdekat. Nah, berikut ini cara mengatasi rasa takut pada anak.

Menjelaskan ketakutan yang dialaminya

Beberapa anak memiliki rasa takut pada orang yang baru dikenalnya, ketakutan ini apabila dibiarkan akan menutup interaksi pada anak Anda. Sehingga Anda sebagai orang tua dapat menjelaskan ketakutan yang diamalami oleh anak anda, pada dasarnya rasa takut dimiliki oleh semua orang termasuk orang dewasa akan tetapi orang dewaa memiliki rasa takut yang berbeda sedangkan pada anak-anak rasa takut sebenarnya tidak ada atau tidak menakutkan pada objek atau lingkungan tertentu. Hal ini akan membantu anak anda dalam menempatkan rasa takut yang masuk diakal.

Membutuhkan waktu

Anak anda tidak akan sekaligus dapat mengatasinya sehingga Anda dapat memberikan waktu untuk beradaptasi pada objek dan lingkungan yang dianggapnya takut. Anda dapat bersantai dalam mengatasi rasa rakut anak anda. Dengan penjelasan dari anda, anak anda akan mengurangi rasa takut yang dimilikinya.

Perbanyak aktifitas yang melibatkan orang lain

Salah satu sumber ketakutan yang dialami oleh anak anak adalah ketakutan berpisah dengan orang tuanya, sehingga bagi anda yang akan meninggalkan anak anda dengan orang lain sebaiknya Anda berikan penjelasan sebelum Anda pergi meskipun anak anda akhirnya akan menangis. Hal ini untuk memberikan ruang kenyamanan ketika anak anda melakukan aktifitas yang melibatkan orang lain, sertakan beberapa kata yang menjelaskan bahwa anda akan kembali untuk bersamanya.

Hindari menertawakan reaksi takut

Bagi anda yang meremehkan ketakutan anak akan berimbas buruk pada perkembangan mental anak Anda. Hal ini berkaitan dengan rasa takut yang dialaminya merupakan ancaman yang nyata dialami oleh anak anda sehingga membutuhkan cara untuk mengatasinya meskipun demikian hindari cara yang bersemangat dalam menangani rasa takut pada anak Anda.

Hindari membicarakan rasa takut anak pada orang lain

Sebaiknya Anda menghindari untuk mengolok-ngolok pada anak Anda. Pada usia anak-anak dengan cara seperti itu akan membuatnya tidak percaya diri sehingga perkembangannya dalam memunculkan keberanian dalam diri akan sulit.

Menangani rasa takut anak dengan cara yang tepat akan membuat anak lebih ceria dalam menghadapi kesehariannya dan mengenal dunia apa adanya. (bidan.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.