oleh

Kidung Cinta Bangsacara-Ragapadmi (edisi 1)

PortalMadura.Com – Menjelang senja, langit Pulau Mandangin semakin condong ke barat. Matahari pelan-pelan menggelinding ke batas cakrawala. Bangsacara menyeka sisa darah yang melumuri mata tombaknya. Sejak pagi hari berburu di hutan Pulau Mandangin ini, ia sudah berhasil mendapatkan empat ekor kijang. Tinggal menambah satu ekor lagi, sempurnalah ia melaksanakan titah Prabu Bidarba.

Seorang prajurit kepatihan mengirim titah itu ke desanya kemarin. Sang Prabu menghendaki lima ekor kijang dari Pulau Mandangin, untuk hidangan perkawinan dengan selirnya yang baru. Bukan hal yang mudah menangkap kijang di pulau ini, tapi Bangsacara sudah sering melakukannya.

Jurus melempar tombaknya memang tak tertandingi di seluruh Kerajaan Madura. Berkat keahliannya itu, Bangsacara sering mempersembahkan daging kijang yang sangat digemari Sang Prabu, sehingga ia pun menjadi abdi kesayangan di istana.

Bangsacara berjalan mengendap-endap di sela pepohonan dan semak-semak hutan. Kedua ekor anjingnya yang setia pun mengikutinya tanpa suara. Kijang yang diincarnya itu tampak gelisah, berkali-kali mengangkat kepala, berusaha mencium tanda bahaya di sekitarnya. Jaraknya tinggal tiga puluhan tombak saja lagi, tapi bila ia gegabah, kijang itu bisa melesat jauh dalam sekejap. Lebih baik ia menunggu sebentar, hingga binatang itu tak lagi waspada.

Sebenarnya, pikiran Bangsacara tak sepenuhnya berada di pulau ini. Bayangan ranjang pengantin, yang terlalu cepat ditinggalkannya dini hari tadi, senantiasa melintas di bilik matanya. Aduhai, malam yang hangat itu… begitu singkat rasanya, tapi tiada sepenggalpun yang hilang dari kenangan. Bahkan ia bisa memutar kembali bayangannya, detik demi detik. Masih menggema di kepalanya, harum semerbak rambut pengantin itu. Dan jari-jarinya pun serasa masih menari di halus kulit pualam itu. Sekedar memikir-kannya saja telah membuat jantungnya berdetak lebih cepat. (Bersambung, Cerpen Karya Rahadi W- Mandangin Bersama, 28 Mei 2013)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE