Kinerja Kecamatan dan Desa Dinilai Minim, Dispendukcapil Jemput Bola Keliling Rekam E-KTP

Avatar of PortalMadura.Com
Kinerja Kecamatan dan Desa Dinilai Minim, Dispendukcapil Jemput Bola Keliling Rekam E-KTP
Suasana perekaman E-KTP di Dispendukcapil Sampang (Foto: Rafi)

PortalMadura.Com, – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mencatat 132.376 jiwa belum melakukan rekam e-KTP.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sampang, Ali Wafa, mengatakan, kesadaran masyarakat masih minim terhadap pentingnya rekam e-KTP. “Pola pikir masyarakat kita itu pasif. Jika tidak butuh, tidak akan ngurus e-KTP,” katanya, Senin (27/11/2017).

Disisi lain, sikap kepedulian aparat terkait juga masih lemah. Misalnya, pihak kecamatan dan desa kurang mendorong untuk menciptakan kesadaran masyarakat.

“Aparat kita belum memberikan dorongan. Bahkan kurang peduli terhadap kebutuhan masyarakatnya,” tandasnya.

Pihaknya berupaya maksimal agar masyarakat segera melakukan perekaman E-KTP. Salah satunya, menggerakkan mobil keliling di sejumlah titik kecamatan dan desa.

“Kami juga canangkan untuk mempercepat dan mempermudah masyarakat untuk melakukan perekaman E-KTP. Sehingga kami harus menerjunkan tim dan mobil keliling,” ucapnya.

Penduduk Sampang yang mempunyai kewajiban untuk membuat e-KTP mencapai 788.445 jiwa. Namun, sampai detik ini, yang sudah memiliki e-KTP baru 619.546 jiwa.(Rafi/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.