Ini 7 Penyebab Anda Sering Terbangun Tengah Malam Saat Tidur

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 7 Penyebab Anda Sering Terbangun Tengah Malam Saat Tidur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang terbangun dari saat tengah malam merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Karena ketika hal itu terjadi, tidak jarang akan merasa kesulitan untuk tidur kembali.

Ternyata gangguan seperti itu bisa terjadi pada siapapun. Nah, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab sebagian orang bisa terbangun tiba-tiba tengah malam. Apa saja?.

Berikut ulasannya:

Kondisi Kamar Tidur
Suhu ruangan ternyata sangat berpengaruh terhadap nyenyaknya seseorang tidur pada malam hari. Biasanya, udara yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat Anda sulit tertidur sehingga sangat disarankan untuk mengatur suhu ruangan antara 18-21 derajat Celcius.

Eksim
Bagi penderita eksim, mereka akan merasakan gatal yang sangat berlebih pada malam hari. Dengan begitu, hal inilah yang menjadi penyebab mereka kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Bagi Anda penderita eksim, cobalah untuk berkonsultasi dengan spesialis kulit yang bisa memberikan Anda obat untuk mengatasi masalah tersebut.

Restless Leg Syndrome
Hampir sebanyak 10 persen populasi di Inggris mengalami sindrom pada kaki ini. Meski namanya hanya ditujukan pada kaki, tidak menutup kemungkinan sindrom ini juga bisa terjadi pada anggota tubuh lainnya, seperti lengan, batang tubuh, dan kepala. Untuk itu cara paling ampuh agar tidur Anda pada malam hari lebih nyenyak, maka berkonsultasilah pada dokter.

Bentuk Kasur
Siapa bilang bentuk kasur tidak berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Apabila kasur yang Anda gunakan terlalu licin atau bahkan terlalu keras, maka akan menimbulkan nyeri pada punggung. Oleh sebab itu, pastikan Anda mencobanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli kasur tidur.

Produksi Urine Berlebih
Pada wanita hamil kondisi ini merupakan hal yang sangat normal. Namun, bagi Anda yang tidak sedang dalam masa kehamilan, maka hal ini dirasa akan sangat mengganggu waktu tidur pada malam hari. Produksi urine yang berlebih mengharuskan Anda untuk segera ke toilet pada tengah malam. Oleh sebab itu, hindari minum terlalu banyak sebelum tidur terutama teh atau kopi.

Terlalu Banyak Minum Alkohol
Sering kali ketika minum terlalu banyak anggur atau minuman alkohol lainnya akan membuat rasa kantuk yang berlebihan. Hanya saja, ternyata meminum terlalu banyak alkohol justru akan mengganggu tidur Anda pada malam hari. Oleh sebab itu, berusahalah untuk berhenti minum beberapa saat sebelum tidur sehingga tubuh Anda bisa mengatur metabolisme alkohol yang ada.

Stres
Cobalah untuk bersantai sebelum tidur seperti mendengarkan musik, mewarnai buku, ataupun menonton video humor agar stres yang Anda rasakan tidak mengganggu waktu tidur pada malam hari. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.