Kismis, Buah Kering Yang Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Kismis, Buah Kering Yang Simpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (dream.co.id)

PortalMadura.Com – Kismis adalah produk olahan dari buah anggur yang dikeringkan. Kismis ada banyak varian berbagai warna, mulai dari cokelat, kuning, hingga ungu kehitaman.

Selain rasanya yang lezat, manfaat kismis untuk kesehatan juga tidak boleh dilewatkan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (16/4/2021), berikut manfaat kismis untuk kesehatan:

Menjaga Kesehatan Gigi

Kismis memiliki sifat antimikroba yang dapat bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab masalah pada gigi, seperti gigi berlubang dan radang gusi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kismis juga mengandung kalsium dan boron yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

Mencegah Anemia Defisiensi Zat Besi

Anemia defisiensi besi merupakan kondisi yang disebabkan oleh kurangnya kadar zat besi di dalam tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Kismis kaya akan zat besi sehingga cocok dijadikan sumber nutrisi untuk meningkatkan asupan akan mineral ini.

Mencegah Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan dalam kismis, seperti fenol dan polifenol, bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih pada tubuh. Radikal bebas berlebih yang dibiarkan begitu saja berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel dan DNA Anda. Kondisi ini akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga:  Sembelit di Pagi Hari ?Atasi dengan 4 Asupan Ini

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kismis mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan Anda. Serat dapat mengikat dan melunakkan tinja di dalam usus, sehingga tinja lebih mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, kismis juga mengandung prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.