Kronologi KM Fajar Nusantara Tenggelam, Kru Selamat

Avatar of PortalMadura.com
Kronologi KM Fajar Nusantara Tenggelam, Kru Selamat
Kru KM Fajar Nusantara ditemukan selamat oleh nelayan. Sudah dievakuasi ke dermaga Panarukan Situbondo (Humas Polres Sumenep)

PortalMadura.Com, Kapal Motor (KM) Fajar Nusantara tenggelam di perairan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura.

Kapal dengan volume 445 gross tonnage (GT) membawa 14 kru [person on boat]. Ke-14 awal kapal itu ditemukan selamat oleh nelayan.

yang bermuatan barang campuran, berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S, Rabu (22/6/2022) menyebutkan, kapal milik PT. Satya Permai itu berangkat pukul 15.02 WIB, Minggu (19/6/2022).

“Tanggal 21, jam 21.14 WIB, kapal tidak jadi melintasi di perairan laut Jawa akibat cuaca tidak bersahabat. Kapal berputar arah dan berlindung di sekitar pulau Sapudi, Sumenep,” terangnya.

Namun, kapal mengalami kecelakaan atau tenggelam, tepatnya di sebelah barat Pulau Sapudi, Sumenep, Madura.

“Pagi ini (22/6), kru kapal ditemukan selamat oleh seorang nelayan, Munadi. Semua kru dievakuasi ke Dermaga Pelabuhan Panarukan, Situbondo,” katanya.

Penyebab kecelakaan KM Fajar Nusantara belum diketahui secara spesifik. “Penyebabnya belum diketahui,” ucapnya.

Awalnya, kabar KM Fajar Nusantara tenggelam berdasarkan informasi dari petugas stasiun radio pantai yang dibenarkan oleh Pos SAR Basarnas Kalianget, Sumenep.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya Hernadi Tri Cahyanto bergerak cepat melakukan pelaporan kejadian awal secara berjenjang, baik dengan KSOP Kalianget maupun KUPP Sapudi.

Pihaknya masih menunggu perkembangan informasi penyebab dari kecelakaan kapal tersebut. “Koordinasi juga dilakukan dengan Stasiun Radio Pantai (SROP) Surabaya,” katanya dalam rilis yang diterima Redaksi PortalMadura.Com.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.