oleh

Knalpot Motor Kemasukan Air? Atasi dengan 5 Cara Ini

PortalMadura.Com – Pengguna motor harus lebih hati-hati saat musim penghujan seperti sekarang. Apalagi terjadi banjir di beberapa wilayah di Indonesia. Tentu saja hal ini sangat meresahkan.

Salah satu komponen motor yang dikhawatirkan rusak ketika menerobos banjir yaitu knalpot. Jika sudah terjadi, Anda perlu melakukan beberapa hal ini pada knalpot yang kemasukan air.

Selamat Ibadah Puasa

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut beberapa cara jika knalpot kemasukan air.

Pastikan Sudah Tidak ada Air yang Tersisa di Knalpot

Menjaga bagian knalpot tetap kering setelah dibersihkan akan mencegah air merembes masuk ke dalam mesin. Hal ini dikarenakan air akan mempengaruhi pembakaran dan lama-kelamaan akan mengganggu performa kendaraan sekaligus mengurasi usia dari motor itu sendiri.

Kuras Oli Motor

Ritual ini wajib dilakukan untuk memastikan bahwa air tidak mengontaminasi oli dan merusak piston. Ketika oli sudah terkuras, bersihkan tabung oli agar air tidak mengendap di dalam sela-sela tabung. Bisa dengan kompresor udara yang digunakan untuk mengisi tekanan ban, atau bisa juga menggunakan solar yang dimasukkan ke dalam tabung oli.

Pembersihan Karburator

Karburator atau throttle body menjadi tempat strategis bersarangnya air. Hal ini dikarenakan terdapat bagian dari throttle body yang berbentuk seperti mangkuk. Setelah membersihkan air yang tertampung dalam mangkuk tersebut, langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah membuang sisa air.

Menggunakan kompresor udara bertekanan tinggi menjadi solusi termudah. Namun cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan melepaskan karburator dari box filter, kemudian menyemprotkan cairan pembersih melalui lubang hisap.

Memeriksa Sistem Kelistrikan

Untuk mencegah terjadinya korsleting, memeriksa semua kabel kelistrikan dan aki menjadi hal wajib. Walaupun pada dasarnya tiap pabrikan kendaraan bermotor membuat sistem kelistrikan yang kedap air, korsleting bisa saja terjadi jika sepeda motor telah cukup lama digunakan.

Bawa ke Bengkel

Jika semua upaya mandiri yang dilakukan tidak membuahkan hasil optimal, maka membawa ke tempat yang lebih ahli akan membantu menyelesaikan masalah. Setidaknya, upaya swadaya yang dilakukan mampu menjadi pertolongan pertama dan menghindarkan sepeda motor terhindar dari masalah yang lebih parah.

Nah kalau beberapa upaya di atas sudah Anda lakukan, sekarang waktunya lebih berhati-hati lagi saat berkendara ketika musim penghujan datang. Selain keselamatan berkendara, jangan lupakan juga keselamatan kendaraan agar mobilitas semakin nyaman.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Liputan6.Com

Komentar