oleh

Bupati Baddrut Tamam ‘Nyangkul’ Sendiri Saat Aksi Tanam Pohon

PortalMadura.Com, Pamekasan – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam melakukan penanaman bibit pohon di kawasan Pondok Pesantren Assyahidul Kabir Dusun Sumber Batu Desa Blumbungan Kecamatan Larangan, Senin (22/2/2021).

Pantauan PortalMadura.Com, bupati bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta forum komunikasi pimpinan kecamatan melakukan penanaman pohon secara simbolis di lapangan pondok pesantren. Orang nomor satu di bumi gerbang salam itu kemudian menuju lokasi penanaman setelah menyampaikan sambutannya di atas panggung.

Setibanya di lokasi penanaman, Bupati Baddrut Tamam membuka poly bag yang terpasang di bibit pohon tersebut. Kemudian pohon dimasukkan dalam lubang yang tersedia, setelah bibit pohon sudah ada di dalam lubang, bupati selanjutnya memberi tanah dengan cangkul hingga akhirnya menyirami pohon yang telah ditanam itu.

“Memang komitmen menjaga lingkungan ini tidak hanya pemerintah, tidak bisa hanya pertamina, tidak bisa hanya forkopimda atau forkopimka. Tetapi yang memiliki masyarakat secara utuh itu adalah pesantren dan ormas, yang membina masyarakat langsung itu para alim, para ulama,” kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

BACA JUGA: Pertamina Tanam 600 Bibit Pohon di Pamekasan

Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur ini menyampaikan terimakasih kepada pertamina yang telah berpartisipasi mewujudkan Pamekasan Hijau guna menjaga lingkungan yang sehat. Sebab, program penanaman pohon itu selaras dengan program pemkab, yakni Pamekasan Hijau.

Bupati milenial ini menyampaikan, lingkungan menjadi salah satu faktor penentu atas beberapa peristiwa yang merugikan masyarakat. Terjadinya banjir atau longsor di beberapa daerah lantaran kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, seperti menanam pohon dan tindakan membuang sampah sembarangan.

“Makanya ketika pertamina datang ke saya untuk program penanaman pohon ini saya sangat bersyukur. Akhirnya saya memilih pondok pesantren, kantor kecamatan, polsek, koramil untuk semuanya ditanami pohon ini,” terangnya.

Penanaman pohon itu merupakan program PT Pertamina bekerja sama dengan Pemkab Pamekasan dengan jumlah 600 bibit yang akan disebar di 13 kecamatan dengan lokasi penanaman kantor kecamatan, koramil, mapolsek dan pondok pesantren.

“Harapan besar kami agar bantuan pohon ini ditambah, karena nanti akan disalurkan kepada pesantren-pesantren agar ditanam yang tak lain untuk menjaga lingkungan kita,” tutup Sekjen IKA PMII Jawa Timur tersebut.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar