Kompak Tak Setor LPJ 2016, DD dan ADD 2017 di Sumenep Tak Bisa Dicairkan

Avatar of PortalMadura.Com
Kompak Tak Setor LPJ 2016, DD dan ADD 2017 di Sumenep Tak Bisa Dicairkan
Ist. ilustrasi

PortalMadura.Com, – Sebanyak 314 dari 330 Desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, hingga kini belum menyetorkan laporan pertanggung jawaban (LPJ) realisasi (DD) dan alokasi dana desa (ADD) pada tahun 2016. Akibatnya, DD dan ADD tahun 2017 tidak bisa dicairkan.

“Baru 16 desa yang telah menyetorkan laporan pertanggungjawab (LPJ)  DD dan ADD tahun 2016, selebihnya belum,” tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Ahmad Masuni, Selasa (25/4/2017).

Sesuai Peraturan Desa, pencairan DD dan ADD 2017 ini ada persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya desa harus menyetor Perdes LPJ, RKPDes, dan juga APBDes 2017.

“Seharusnya DD dan ADD tahap pertama sudah cair, tapi karena masih terkendala lambatnya penyetoran LPJ, makanya hingga saat ini belum bisa dicairkan,” ujarnya.

Ia menduga, terlambatnya persyaratan yang harus dipenuhi itu lantaran rendahnya sumber daya manusia (SDM) yang ada di pemerintahan desa.

“Kami sudah nenyarankan kepala desa agar merekrut tenaga yang memiliki tingkat pendidikan setara S I (Strata satu) sebagai tenaga operator agar semua kegiatan ditingkat desa bisa berjalan maksimal,” tuturnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.