Konsumsi 10 Makanan Ini Untuk Bantu Penyembuhan Patah Tulang

Avatar of PortalMadura.Com
Konsumsi 10 Makanan Ini Untuk Bantu Penyembuhan Patah Tulang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Patah tulang merupakan terputusnya kontinuitas tulang yang disebabkan oleh banyak hal, seperti cedera, kecelakaan, benturan keras atau bahkan tulang keropos. Jika terjadi demikian, idealnya ditangani oleh tenaga medis profesional.

Biasanya bila terjadi patah tulang, tidakan yang dilakukan yaitu pemasangan gips, pemakaian sling atau perban khusus, dan operasi untuk memasang pelat penyangga. Selain obat, ternyata ada beberapa makanan yang bisa membantu untuk menyembuhkan patah tulang. Apa saja?

Berikut daftarnya:

Produk Olahan Susu (keju, susu segar, yogurt)
Makanan seperti susu, keju, dan yogurt kaya akan kandungan kalsium yang dibutuhkan untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan tulang untuk memulihkan diri.

Ikan-ikanan (gabus, tuna, salmon, bandeng, makarel)
Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin D juga perlu untuk dikonsumsi. Asam lemak omega-3 akan membantu percepatan penyembuhan patah tulang. Sementara kalsium akan bekerja lebih baik jika didukung dengan vitamin D.

Biji Labu
Masukkan biji labu ke dalam salad atau smoothie bowl sarapan Anda, karena bahan makanan ini merupakan sumber mineral yang diperlukan tulang untuk menyerap kalsium lebih efektif.

Capsicum (paprika dan cabai)
Bahan makanan nabati dari genus capsicum, terutama yang berwarna merah sangat kaya akan kandungan vitamin C. Ini merupakan nutrisi penting dalam meningkatkan produksi kolagen di tulang. Kolagen juga diperlukan dalam penyembuhan patah tulang.

Telur
Mengandung vitamin D, kalsium, protein, dan vitamin B. Semua nutrisi ini akan memperkuat tulang dan membantu penyembuhan patah tulang.

Kacang Hitam
Kacang hitam mengandung banyak magnesium dan protein yang dapat membantu jaringan tulang untuk memulihkan diri lebih cepat.

Sayuran Hijau Sumber Vitamin K (bayam, buncis, kembang kol, brokoli)
Brokoli, kembang kol, bayam, kale, buncis, asparagus, dan peterseli merupakan sumber vitamin K yang dapat memperkuat tulang.

Daging Sapi
Merupakan sumber protein dan makanan yang ‘ramah’ terhadap ginjal. Diperlukan agar level albumin dalam darah tetap terjaga. Dengan demikian proses penyembuhan patah tulang bisa lebih cepat.

Ayam
Seporsi daging unggas ini bisa menyediakan 14-28 gram protein untuk menjaga level albumin.

Tahu
Jika Anda vegetarian, kebutuhan protein juga bisa dipenuhi dari tahu. Setengah cangkir olahan kedelai ini dapat menyediakan 7 sampai 13 gram protein. Dengan begitu albumin di dalam darah terjaga dan penyembuhan patah tulang bisa berjalan lebih cepat.

Itulah deretan makanan sehat dengan nutrisi penting untuk membantu penyembuhan patah tulang. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.