Konsumsi 5 Makanan Ini Selama Puasa Agar Kulit Tidak Kering

Avatar of PortalMadura.com
Konsumsi 5 Makanan Ini Selama Puasa Agar Kulit Tidak Kering
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika berpuasa, kita sering menghadapi berbagai masalah, mulai dari bibir dan kulit wajah kering. Kurangnya asupan makanan dan minuman, pola makan salah, dan jam tidur yang mengalami perubahan akan mempengaruhi kondisi kulit kita.

Jangan sampai di hari Lebaran nanti, kulit justru terlihat lebih kusam atau bermasalah. Bahkan, terkadang tubuh cenderung mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Hal ini tentu akan terlihat dari kulit yang juga semakin kering atau bahkan mengelupas.

Inilah yang menyebabkan pentingnya memilih makanan selama buka dan sahur agar bisa menjaga kelembapan kulit selama puasa. Ini sekian makanan yang bisa menjaga kulit tak kering selama puasa.

Ikan
Lemak ikan berupa asam lemak omega-3 berfungsi mempertahankan kolagen dan kelembapan kulit. Kekurangan asam lemak omega-3 memang menyebabkan kulit kering, apalagi jika harus ditambah dengan kondisi kurang minum dan dehidrasi.

Alpukat
Buah kaya folat dan kalium ini juga kaya lemak sehat yang bermanfaat menjaga kulit fleksibel dan lembap. Meski memang tak memiliki banyak kandungan cairan, namun alpukat kaya vitamin C sehingga mampu menjaga kelembutan kulit secara alami.

Brokoli
Sayuran hijau seperti brokoli mengandung antioksidan tinggi yang mampu membantu kelembapan kulit dari dalam. Lutein dalam brokoli membantu mencegah kerusakan kulit, kulit kering dan timbulnya kerutan.

Baca Juga: Bawa Pentungan dan Bambu Runcing, Aksi Massa di Pamekasan Bentrok dengan Polisi

Tomat
Buah tomat mengandung banyak antioksidan berupa karotenoid, vitamin C dan juga likopen yang mampu mempertahankan kesegaran dan kesehatan kulit, apalagi dari kulit kering dan penuaan dini.

Green tea
Minum teh hijau setelah makan berbuka bisa memberikan manfaat perlindungan kulit dari kerusakan dan kekeringan. Komponen katekin dari teh hijau membantu menjaga kesehatan kulit. Bukan hanya mecegah kulit kering namun juga memertahankan elastisitasnya.

Jadi, sebisa mungkin makan makanan di atas saat buka puasa dan sahur ya agar kulit tidak kering karena dehidrasi selama puasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.