oleh

Konsumsi 6 Makanan ini Tingkatkan Produksi Kolagen Kulit

PortalMadura.Com – Tampilan kulit kenyal dan sehat karena adanya kolagen dalam kulit. Kolagen ini terletak di dalam dermis dan dasar dari pengikat jaringan ikat yang mendukung struktur kulit. Namun, produksi kolagen ini menurun karena bertambahnya usia dan tubuh memproduksi kolagen lebih sedikit karena enzim terjadi secara alami memecahnya.

Produksi kolagen yang sedikit dapat menyebabkan kulit menipis, kehilangan kelenturan dan membentuk keriput. Selain usia yang dapat menyebabkan produksi kolagen menurun, sinar matahari, polusi, radikal bebas dan asap juga bisa menyebabkan faktor disintegrasi kolagen.

Untuk meningkatkan produksi kolagen kulit Anda, maka konsumsi 6 makanan ini untuk meningkatkan produksi kolagen, dilansir dari laman Fimela.Com, Rabu (3/6/2020)

Protein

Pertama mengonsumsi protein, karena kolagen terbentuk dari 19 sam amino yang merupakan bahan pembangun protein. Sehingga jika Anda mengonsumsi protein sehari-hari dapat memberi bahan baku yang diperlukan untuk memproduksi kolagen.

Ikan

Sel kulit yang dikelilingi oleh lemak dapat menjadikan kulit Anda sehat, ini seperti tugas kolagen yang dapt mendukung struktur kulit. Lemak ini bisa diperoleh dari ikan tuna dan salmon yang mengandung asam lemak dan Omega3 .

Sayuran Berwarna Merah

Sayuran berwarna merah mengandung antioksidan lycopene dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari. Lycopene ini dapat bertindak sebagai tabir surya, melindungi dari kerusakan dan meningkatkan kadar kolagen. Anda bisa memperoleh ini dari sayuran merah ini seperti tomat, paprika dan bit.

Makanan Fermentasi

Tempe, yougurt, dan kombucha mengandung lactobacillus atau bakteri probiotik hasil dari proses fermentasi. Makanan ini menghasilkan superoksida dismutase yang mengandung antioksidan yang kuat sehingga mencegah kerusakan pada kolagen dan mengurangi produksi radikal bebas.

Buah yang Kaya akan Kandungan Vitamin C

Buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C memiliki nkemampuan untuk membantu asam amino mengubah menjadi kolagen. Anda bisa memperoleh vitamin C ini dari buah jambu, kiwi, jeruk dan berry.

Sayuran berwarna hijau tua

Sayuran berwarna hijau juga kaya akan vitamin C, sayuran berwarna hijau tua seperti bayam dan kangkung dapat meningkatkan produksi kolagen. Jadi buat Anda yang kurang menyukai sayuran hijau, untuk mencoba mengonsumsi makanan ini untuk mendapatkan kulit yang indah dan sehat.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar