oleh

5 Cara Atasi Anak Agar Tak Berkata Kasar

PortalMadura.Com – Tentu akan mengejutkan bagi orang tua ketika mendengar anak mengeluarkan kata-kata kasar saat berbicara. Orang tua mungkin akan bertanya-tanya darimana anak belajar kata-kata kasar.

Reaksi orangtua terhadap perkataan kasar anak dapat memengaruhi perilakunya di masa depan. Anda dapat menghentikan kebiasaan anak berkata kasar dengan menggunakan kata-kata pilihan. Sehingga anak pun dapat dapat belajar dari orang tua bagaimana bertutur kata yang baik.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (2/6/2020) Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan orang tua untuk menghentikan kebiasaan ini.

Menjadi Role Model
Anak akan mencontoh dari orangtuanya. Usahakan tidak mengucapkan kata-kata kasar terutama di depan anak. Bila tidak sengaja terucap, segera koreksi, minta maaf dan tidak mengulanginya lagi saat di depan anak.

Hindari Konfrontasi
Hindari bertengkar dengan anak karena berkata kasar terutama ketika emosi sedang tinggi. Hal ini hanya akan memperburuk situasinya. Cobalah untuk mengidentifikasi alasan yang mendasari anak mengucapkan kata-kata kasar dan diskusikan masalah ini bila emosi sudah reda.

Mengatur Paparan Media Sosial
Dampingi anak saat menonton TV atau video. Anda juga bisa memberi batasan mengenai mana yang boleh ditonton, diakses di media sosial, dan mana yang tidak.

Perkaya Kosakata Anak
Terkadang anak mengucapkan kata-kata kasar karena kurangnya komunikasi dan keterampilan sosial yang efektif. Di sinilah peran orang tua untuk mengajarkan kepada anak bagaimana meluapkan emosi, memilih kata-kata bila mereka sedang kesal atau sedih.

Beri Pujian
Beri penghargaan atau pujian bila anak berhasil mengungkapkan emosi atau kemarahannya tanpa kata-kata kasar. Yang terpenting adalah memberi penjelasan kepada anak mengapa berkata kasar tidak baik. Selain itu, orangtua juga harus memberi contoh yang baik kepada anak.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar