Konsumsi 6 Minuman Ini Setelah Berolahraga agar Tidak Dehidrasi

Avatar of PortalMadura.com
Konsumsi 6 Minuman Ini Setelah Berolahraga agar Tidak Dehidrasi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hal terpenting yang wajib diketahui setelah berolahraga adalah asupan nutrisi yang tepat. Konsumsi makanan dan minuman setelah berolahraga merupakan hal yang tak kalah penting dibanding sebelum berolahraga.

Setelah berolahraga, tubuh banyak kehilangan cairan karena keringat yang keluar. Untuk menghindari dehidrasi, penting bagi Anda untuk mengonsumsi asupan air dalam jumlah cukup. Dehidrasi yang Anda alami bisa jadi penyebab munculnya masalah ginjal, kesulitan menjaga daya tahan, serta penyembuhan setelah cedera.

Asupan air dalam tubuh ini bisa membantu memecah dan menyerap nutrisi pada tubuh. Selain konsumsi air putih, ternyata terdapat sejumlah minuman lain yang bisa jadi alternatif penggantinya. Sejumlah minuman ini juga bisa membantu proses pemulihan tubuh.

Seperti dilansir merdeka.com dikutip dari The Health Site, pilihan minuman ini bisa jadi alternatif yang lebih lezat dibanding air putih untuk diminum setelah berolahraga. Berikut sejumlah minuman yang bisa jadi pengganti air putih untuk mencegah dehidrasi.

Susu Cokelat
Susu cokelat memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan cocok dikonsumsi setelah olahraga. Karbohidrat bisa membantu mempercepat pemulihan dengan mengganti glikogen yang hilang saat berolahraga. Protein di dalam susu cokelat yang berpadu dengan karbohidrat bisa membantu pemulihan otot yang lelah.

Air Kelapa
Air kelapa bisa jadi minuman serbaguna termasuk membantu pemulihan tubuh setelah berolahraga. Minuman ini memiliki kandungan elektrolit yang tinggi seperti magnesium dan potassium. Dibanding minuman olahraga, air kepala mengandung sodium lebih sedikit dan mengurangi risiko dehidrasi dan penyakit jantung.

Minuman Campuran Semangka dan Kemangi
Semangka memiliki kandungan magnesium, potassium, dan garam yang mampu menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh. Semangkan mengandung 90 persen air yang membantu mengganti air hilang di dalam tubuh. Menambah daun kemangi pada jus semangka bisa menghilangkan racun di dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan usus.

Jus Ceri
Jus ceri mengandung antioksidan sehingga bisa membantu mengurangi peradangan serta preoksidasi lipid yang membantu pemulihan otot. Selain membantu menjaga otot dari cedera, hal ini mencegah hilangnya kekuatan otot.

Teh Hijau dan Hitam
Teh hitam dan hijau bisa membantu proses oksidasi lemak. Oksidasi lemak merupakan proses memecah lemak menjadi molekul kecil menjadi energi. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang membantu membangun kekuatan otot dengan menghilangkan kelelahan secara cepat.

Baca Juga: Musim Libra: Ini 3 Zodiak yang Punya Kisah Cinta Romantis

Bir Non-Alkohol
Berdasarkan penelitian pada Journal of the International Society of Sports Nutrition, karbohidrat dan elektrolit pada bir non-alkohol bisa membantu mengurangi risiko kram otot setelah olahraga. Hal ini juga diketahui membantu mengurangi peradangan setelah olahraga terutama setelah bersepeda.

Sejumlah minuman tersebut bisa menjadi pilihan yang lezat dibanding air putih setelah berolahraga. Hal tersebut bisa menjadi pengganti air putih yang biasa Anda konsumsi setelah olahraga.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.