Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Kolesterol Stabil Pasca Idul Fitri

Makanan yang bisa Turunkan Kolesterol
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Sebagian besar orang yang mempunyai penyakit kolesterol akan mengalami kenaikan kadarnya pasca Lebaran. Karena biasanya di waktu itu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak seperti santan, gorengan dan lain sebagainya. Apalagi jika konsumsi secara berkala dan berlebihan.

Oleh karena itu, jika ingin kadar kolesterol Anda tetap normal meskipun mengonsumsi menu-menu Lebaran yang enak, Anda hanya perlu mengonsumsi beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Makanan apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Oat
Makanan sehat yang sering dijadikan menu sarapan ini sangat efektif menurunkan kolesterol karena tinggi serat larut yang mudah dicerna yang bisa menyrap kolesterol jahat. penelitian menemukan bahwa konsumsi oat rutin bisa menurukan LDL sebanyak 5,3% hanya dalam 6 minggu.

Buah dengan Rasa Asam
Makan buah-buahan asam dan mengandung vitamin C tinggi seperti strawberry, kiwi, apel, anggur, dan lainnya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu kestabilan kolesterol tubuh. Buah-buahan asam juga mengandung pectin serta serat larut yang bisa menyerap LDL.

Terong dan Okra
Sayuran ini bisa menurunkan kolesterol jika diolah dengan baik, seperti dikukus, ditumis dan direbus. Intinya, dimasak dengan tidak menggunakan minyak. Sayuran rendah kalori ini ternyata juga termasuk serat larut yang bisa menurunkan kolesterol jahat.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung serat tinggi yang jelas bisa menurunkan kolesterol, membantu kelancaran metabolisme dan kesehatan pencernaan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makan kacang almond, walnut, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kedelai dan lain sebagainya, bukan hanya baik untuk jantung tapi juga untuk kestabilan kolesterol. Makan kedelai 25 gr per hari diketahui bisa menurunkan 5% hingga 10% LDL tubuh.

Makanan Mengandung Sterol dan Stanol
Makanan yang mengandung sterol dan stanol seperti margarin, granola bar, jus jeruk dan cokelat. Sterol dan stanol sendiri merupakan ekstraksi tanaman karet yang ternyata punya kemampuan menyerap kolesterol dari makanan. Bahkan sudah ada suplemen-nya. Konsumsi makanan mengandung sterol dan stanol bisa menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

Ikan
Lemak sehat pada ikan salmon, tuna dan ikan lainnya justru mampu menurunkan LDL tubuh. Asam lemak omega-3 pada ikan sangat baik menurunkan trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya ritme jantung yang abnormal.

Teh
Teh bukan hanya memberi efek relaksasi tapi juga sangat baik menurunkan kolesterol. Antioksidan dalam teh ternyata bisa menurunkan kadar LDL tubuh. Menurut sebuah penelitian dari USDA, teh hitam bisa menurunkan lipid dalam darah hingga 10% jika dikonsumsi selama tiga minggu.

Itu beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Sebisa mungkin jadikan sekian makanan di atas sebagai menu harian setelah mengonsumsi banyak makanan lebaran yang meningkatkan kolesterol ya ladies. (vemale.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.