oleh

Konsumsi Buah Kiwi saat Hamil, 7 Manfaat Ini akan Anda Dapatkan

PortalMadura.Com – Buah kiwi merupakan buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Siapa sangka, salah satu buah yang menyehatkan ini juga bagus dikonsumsi bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Cara mengonsumsinya sama seperti makan apel. Tapi tidak sedikit yang memilih untuk memotongnya setengah kemudian langsung menyendokkan isi buahnya saja. Bagaimanapun caranya, yang terpenting adalah mencuci kiwi sebelum mengonsumsi.

Karena, pada kulit kiwi terdapat berbagai macam bakteri atau bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu perkembangan janin. Lantas, apa saja kandungan dan manfaat buah kiwi?. Berikut daftar kandungan nutrisi buah kiwi yang baik untuk kesehatan kandungan calon ibu.

Asam Folat
Asam folat merupakan salah satu tipe vitamin B (B9) yang penting dalam perkembangan sistem saraf dan pertumbuhan sel. Kurangnya konsumsi folat selama masa kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir, seperti spina bifida.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, wanita hamil direkomendasikan mengonsumsi 400 mikro gram asam folat per harinya. Konsumsi folat sebaiknya dimulai satu bulan sebelum hamil sebagai pencegahan kecacatan pada otak dan tulang belakang bayi. Nah, buah kiwi ternyata merupakan sumber asam folat yang alami dan aman dikonsumsi.

Vitamin C
Vitamin C juga memiliki peranan penting selama masa kehamilan. Ini karena vitamin C bisa meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus memicu produksi kolagen, yaitu protein yang menjaga kulit tetap lentur dan kenyal. Ibu membutuhkan kolagen dan vitamin C untuk mencegah selulit pada perut ibu.

Kiwi adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas dan memiliki efek antimikroba sehingga mencegah pertumbuhan bakteri, virus, ataupun parasit.

Vitamin K
Vitamin K merupakan vitamin yang penting untuk pembekuan darah dan mempercepat penyembuhan luka. Berdasarkan MedlinePlus, vitamin ini juga memiliki peranan dalam menjaga kekuatan tulang.

Mengonsumsi vitamin K yang cukup selama masa kehamilan sangat penting karena perdarahan akan sering terjadi selama proses melahirkan. Kehilangan darah yang berlebihan karena lamanya waktu pembekuan dapat membahayakan nyawa.

Gula Alami
Kiwi memiliki komponen gula alami yang membantu mengendalikan keinginan Anda akan makanan manis yang tidak sehat. Dengan indeks glikemik yang rendah, kiwi tidak menyebabkan terjadinya lonjakan insulin. Mengendalikan gula darah merupakan hal yang penting, mengingat banyak kasus diabetes gestasional selama kehamilan.

Baca Juga : Ketahui, Manfaat Makan Kiwi dengan Kulitnya

Baik untuk Pencernaan
Sebagai ibu yang sedang hamil, tentunya Anda mengetahui bahwa sembelit (susah buang air besar) dan wasir sering terjadi selama masa kehamilan. Kiwi merupakan sumber prebiotik yang baik. Prebiotik mengandung enzim, serat, dan komponen phenolic. Sehingga mengonsumsi kiwi baik untuk mencegah konstipasi, diare, maag, mual, dan nyeri perut.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Kiwi kaya akan antioksidan, yang membantu melindungi DNA dan RNA janin dari bahaya. Antioksidan ini bertugas melawan radikal bebas dalam tubuh dan mampu melawan penyakit sehingga ibu hamil dan bayinya akan tetap sehat. Antioksidan juga memiliki fungsi untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, khasiat ini jadi satu alasan lagi untuk makan kiwi saat hamil.

Penyeimbang Hormon
Kadar hormon yang naik turun sering terjadi selama masa kehamilan. Suatu saat Anda merasa sangat emosional dan meledak-ledak, tapi tiba-tiba Anda menjadi tenang seketika. Gejolak emosi ini disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang.

Depresi, lelah, dan stres tidak baik untuk ibu yang sedang hamil. Makan kiwi saat hamil dapat mengatasi masalah tersebut karena kiwi punya khasiat menyeimbangkan hormon pada ibu hamil.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar