oleh

Kontes Kecantikan Sapi Betina, Budaya Bernilai Ekonomi Tinggi

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar kontes sapi sonok, Sabtu (21/9/2019).

Sapi sonok sendiri merupakan kontes kecantikan sepasang sapi betina. Sapi-sapi tersebut dipersolek dengan pernak-pernik hiasan dan berjalan diiringi musik saronen menuju gapura yang telah ditentukan.

Tahun ini, kontes sapi sonok diikuti 60 pasang sapi dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sumenep. Bertempat di sebelah timur Stadion Ahmad Yani, Panglegur, Sumenep.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan, sapi sonok adalah salah satu kebudayaan masyarakat Madura yang harus terus dilestarikan.

Kontes kecantikan sapi betina ini juga memiliki potensi wisata berbasis budaya yang dapat menarik wisatawan luar daerah dan bernilai ekonomi sangat tinggi.

“Kalau karapan sapi simbol kekuatan. Kalau kita lihat bersama-sama bagaimana memiliki kekuatan dan kecepatan merupakan simbol khas dari Madura. Tetapi kalau dari sapi sonok ini merupakan kreativitas seni, antara sapi dan pemiliknya harus satu jiwa agar berjalan seirama, tapi tidak ada pelantara sapi dan pemiliknya harus satu jiwa agar berjalan seirama,” ungkapnya.

Selain itu, dengan kontes sapi sonok bisa memberikan aspek ekonomi masyarakat Sumenep yang lebih baik ke depannya.

Loading...

“Dengan keberlangsungan kontes sapi sonok, berdampak pada nilai harga sapi. Otomatis akan terjaga dengan baik dan akan lebih mahal dibanding dengan sapi-sapi lainnya,” terangnya.

Orang nomor dua di Kabupaten Sumenep ini juga berpesan agar kontes sapi sonok berikutnya bisa mengundang para siswa-siswi SMA agar generasi penerus bisa melihat dan tertarik bahkan bisa meneruskan kebudayaan yang telah diwariskan leluhurnya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, Sumenep khususnya bahwa bulan depan tepatnya bulan Oktober 2019 merupakan hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke-750.

“Jadi bulan depan akan banyak festival yang akan terselenggara yang harus dihadiri bersama-sama di bulan Oktober. Mulai dari prosesi hari jadi, dan beberapa festival yang telah dijadwalkan dari tanggal 26 sampai tanggal 31,” terangnya.

Di samping itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Carto menyatakan, selain agenda visit, kontes sapi sonok juga dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-750.

“Tujuan dilaksanakan kontes sape Sonok ini juga untuk melestarikan serta mengembangkan budaya sape sonok itu sendiri,” tandasnya.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE