Kota Tergenang Air, Sumenep Anggarkan Rp1,4 Miliar Bangun Drainase Baru

Avatar of PortalMadura.com
Kota Tergenang Air, Sumenep Anggarkan Rp1,4 Miliar Bangun Drainase Baru
Dedi Falahudin

PortalMadura.Com, – Sejumlah ruas jalan di wilayah kota Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sering digenangi air pasca hujan lebat.

Sebagai upaya mengurangi genangan air, Pemerintah Kabupaten Sumenep tahun 2022 menganggarkan Rp1,4 miliar untuk pembangunan saluran baru.

“Kita akan bangun drainase baru untuk mengurangi genangan air saat musim hujan, seperti kemarin, Rabu (9/2),” terang Kepala Bidang Air Minum dan PLP Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sumenep Dedi Falahudin, Kamis (10/2/2022).

Saluran drainase baru itu lokasinya dari sebelah timur bagian selatan rumah dinas (Rumdin) Wakil Bupati Sumenep menuju sungai Kali Marengan Desa Pabian Sumenep.

Nantinya, kata dia, aliran air yang dari arah barat, tepatnya sekitar kantor bupati akan mengalir ke arah timur dan langsung terpusat di saluran drainase baru itu.

“Termasuk aliran air yang dari arah selatan sepanjang jalan dr. Cipto, nantinya akan langsung terpusat ke drainase baru,” katanya.

Baca Juga: Air Genangi Perumahan Asabri Sumenep

Menurut dia, terjadinya genangan air saat intensitas hujan tinggi di sekitar Jalan dr. Cipto, karena kurangnya saluran drainase yang langsung ke sungai. Maka, saluran baru itu nantinya langsung mengalir ke Kali Marengan Pabian.

Selama ini, kata dia, juga ada faktor tumpukan sampah yang masuk ke drainase sehingga saat hujan deras, air meluap ke jalan raya. “Sebesar apapun drainase jika ada tumpukan sampah, maka drainase tak akan berfungsi,” terangnya.

Pihaknya berharap pada masyarakat agar memerhatikan kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak berdampak buruk pada kapasitas drainase.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.