oleh

KPU Pamekasan Akan Datangkan Akuntan Publik

PAMEKASAN (PortalMadura) – Untuk menciptakan profesionalisme pelaporan keuangan dana kampanye partai politik peserta pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur akan mendatangkan Akuntan Publik Indonesia untuk memberikan pemahaman soal pengelolaan keuangan, Sabtu (14/12/2013) besok.

Agus Kasianto Komisioner KPU Pamekasan mengatakan, 12 parpol peserta pemilu di Pamekasan sudah selesai menyerahkan rekening khusus dana kampanye sebagai salah satu syarat parpol sebagai peserta pemilu 2014.

“Semua parpol sudah selesai menyerahkan rekening khusus dana kampanye itu, tinggal kita akan melakukan pelatihan khusus terhadap mererka,” katanya, Jumat (13/12/2013).

Menurut Agus, sebagai tindak lanjut dari semua itu pihak KPU secara khusus mengundang ikatan akuntan publik perwakilan Jawa Timur untuk memberikan pemahaman khusus soal dana rekening kampanye itu kepada seluruh parpol peserta pemilu.

“Rekening khusus dana kampanye itu berisi dana awal dan partai wajib melaporkan sumber dana awalnya itu dari mana saja. Itu nanti yang akan didalami terkait laporannya agar tidak salah,” jelasnya.

Agus menjelaskan, secara khusus pihaknya tidak punya kewajiban memberikan pelatihan tersebut karena masing-masing parpol secara terorganisir sudah diberi pemahaman tersendiri soal pelaporan dana kampanye itu. Tetapi, KPU juga punya tanggung jawab untuk memberikan kegiatan yang mengarah kepada pemahaman itu semua.

“Kegiatan yang akan digelar 14 Desember itu akan melibatkan ketua dan bendahara masing-masing parpol peserta pemilu dan petugas pembuat laporan keuangan masing-masing parpol,” pungkasnya. (reiza/htn)



Komentar