KPU Sampang Sosialisasi Pilgub Jatim dan Pilkada Damai Lewat Seni Budaya

  • Bagikan
Komisioner KPU Sampang, sosialisasi pencoblosan dan deklarasi Pilkada damai (Foto : Rafi)
Komisioner KPU Sampang, sosialisasi pencoblosan dan deklarasi Pilkada damai (Foto : Rafi)

PortalMadura.Com, Sampang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menyeemarakkan momentum pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dengan pagelaran seni budaya.

Ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif mengatakan, gelar seni budaya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terutama pada Pemilihan Cagub – Cawagub Provinsi Jawa Timur yang berjargon “Guyub Rukun” untuk Pilkada serentak 2018.

Pada pagelaran seni budaya merupakan media sosialisasi untuk menyemarakkan, meramaikan dan mengumandangkan Pilkada khususnya di Kabupaten Sampang.

“Kami menginginkan ada pemahaman bersama di antara kita bahwa kita sepakat arti penting Pilkada merupakan pintu gerbang perubahan yang bergantung kepada calon pemimpin yang dipilihnya,” tuturnya, Sabtu (31/3/2018).

Menurutnya, Pilkada menjadi momentum strategis dalam merancang, menggagas dan konsep sebuah pembangunan di daerah.

Harapannya agar pesan yang dikumandangkan dalam pagelaran seni budaya dapat masuk di alam pikiran masyarakat sehingga punya kepedulian terhadap penyelenggaran Pilkada 2018.

“Tak lain dan tak bukan pada acara pagelaran ini, adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Artinya, bukan hanya pada hari H akan tetapi partisipasi pada setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada,” lanjutnya.

Pada kesempatan pagelaran, pihaknya menyerukan Pilkada damai, tertib, kondusif, dan demokratis. Sesuai tagline atau jargon serta mengajak masyarakat menggunakan hak pikihnya.

“Jhek ngakoh oréng Sampang mon tak nyoblos,” tegasnya.

Sementara, Asisten Pemerintahan Pemkab Sampang, Nurul Hadi mengapresiasi terhadap kegiatan gelar seni budaya yang diselenggarakan KPU.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan gelar seni budaya untuk Pilgub ini. Karena, pasti dapat membentuk karakter masyarakat kreatif, inovatif, dan produksi,” ujarnya.

Masyarakat Sampang, harus tetap bersatu di tengah kearifal lokal. Tetap memperhatikan satu prinsip yang harus kita junjung bersama. Terutama dalam kondisi gerakan tahun politik.

“Pilkada Sampang, harus kita jaga situasi politik agar terus kondusif. Dan berupaya meningkatkan partisipasi yang baik demi kelancaran penyelenggaraan pemilu, sukses secara demokratis,” lanjutnya.

Pada rangkaian acara tersebut, KPU Sampang menyampaikan sosialisasi pelaksanaan pemungutan suara atau pencoblosan Cagub – Cawagub serta mengajak kepada seluruh calon kepala daerah khususnya Cabup-Cawabup Sampang agar menjaga komitmen melaksanakan kampanye damai.

Turut hadir dalam acara gelar seni budaya di Jalan Wijaya Kusuma Sampang, antara lain, Forkopimda, para asisten Pemkab Sampang, Cabup-Cawabup Sampang, Tim Sukses dan Panwaslu Kabupaten Sampang.(Rafi/Nanik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.