Mengapa Wanita Perlu Memakai Bra ?

  • Bagikan
bra
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bra atau Beha (BH) merupakan pakaian dalam wanita. Sebagian besar wanita dari seluruh dunia berpikir bahwa memakai bra itu sangatlah perlu. Penggunaan bra sendiri dimulai pada saat payudara telah matang atau pada saat perempuan meginjak remaja atau dewasa. Namun, benarkah demikian? Sebenarnya apakah memakai bra benar-benar bermanfaat bagi wanita?

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan mengenakan atau tidak mengenakan bra, namun ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuat keputusan.

Tahukah Anda bahwa payudara mengandung lemak, kelenjar, jaringan ikat dan cairan. Semua yang ada dalam payudara wanita tersebut berfungsi untuk melawan gaya berat dari jaringan dan kulit yang menutupnya.

Ketika para wanita duduk atau berdiri, ada banyak tekanan pada elemen-elemen ini. Ketika berjalan atau berolahraga, jaringan di dalam payudara mungkin mengalami luka kecil, menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Bobot payudara mungkin terlalu besar untuk kenyamanan dada.

Inti dari mengenakan bra adalah untuk membagi sebagian atau seluruh berat payudara ke area bahu dan pinggang. Ketika bra dipasang dengan benar, sekitar 80 persen dari berat ini ditampung oleh tali bra, dan sisanya oleh bahu.

Ketika bra yang dipakai wanita tidak cocok dengan payudara yang dimilikinya, sebagian besar berat payudara akan beralih ke area bahu. Ini bisa menyebabkan sakit kepala, atau nyeri di bahu dan leher.

Berikut beberapa alasan mengapa wanita harus mengenakan bra.

1. Menyembunyikan puting

2. Mencegah payudara mengendur

3. Mencegah payudara untuk memantul sehingga menghindari rasa sakit dan ketidaknyamanan.

4. Membuat beberapa pakaian terlihat lebih baik

5. Membantu menunjukkan belahan dada

6. Mengontrol keringat di bawah payudara

7. Meningkatkan kecantikan

8. Mencegah sakit punggung dan masalah tulang belakang pada wanita

9. Berfungsi sebagai pakaian dalam untuk bagian atas tubuh wanita

Lantas, apa yang terjadi jika wanita tidak memakai bra?

Memilih untuk tidak mengenakan bra bukanlah hal yang buruk. Bahkan, saat berada di rumah kebanyakan wanita juga tak memakai bra. Laman healthline juga melaporkan bahwa tanpa memakai bra, tidak akan memiliki pengaruh apapun pada kesehatan.

Patricia Geraghty, seoarang spesialis kesehatan wanita dari California mengatakan, “Kami tidak memiliki bukti yang mengatakan bahwa tidak memakai bra akan membuat kalian sakit,”

Bahkan, riset yang dilakukan pada tahun 2013 oleh seorang profesor dari Prancis yang bernama Jean-Denis Rouillon juga menemukan hal yang serupa. Dalam penelitiannya, dia menyimpulkan bahwa bra tidak memberikan manfaat bagi wanita dan mungkin sebenarnya berbahaya bagi payudara dari waktu ke waktu.

Berdasarkan laporan dari The American Cancer Society , tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa memakai bra meningkatkan atau menurunkan risiko kanker payudara.

Patricia Geraghty juga berpendapat bahwa banyak riset yang menunjukan bahwa penyebab payudara mengendur saat pertambahan usia tidak ada kaitannya dengan bra atau bahkan menyusui.

Dia mengatakan bahwa mengendurnya payudara wanita mungkin lebih terkait erat dengan jumlah kehamilan yang dimiliki seorang wanita dan seberapa jauh jarak kelahirannya.

“Mode tidak banyak memiliki dasar dalam kesehatan,” tambahnya

Pada intinya, memakai bra ataupun tidak bukanlah hal yang serius, itu bagaimana perasaan dan cara pandang Anda bila mengenakan bra. Bila dirasa saat mengenakan bra Anda terlihat lebih menawan dengan gaun yang Anda kenakan maka gunakanlah, namun jika mengenakan bra membuat Anda sakit atau tidak nyaman, lebih baik dilepas dan menggunakannya sesekali bila ada kepentingan. (kompas.com/Nanik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.